Belajar dari Prestasi Siswa

Para guru menjadi manajer pembelajaran di pusat-pusat pembelajaran dengan menempatkan siswa menjadi klien, sama seperti klien pengacara atau profesi lain (David Kerr, Chief Executive, Southland Polytechnic dalam buku Revolusi Cara Belajar oleh Gordon Dryden & Dr. Jeannette Vos, 2003).

Setelah mendapatkan ijazah sarjana pendidikan pada tahun 2001 dan memulai profesi sebagai guru SMA di Semarang, timbul pertanyaan pada diri sendiri yaitu bagaimana mengatur hubungan antara guru dengan murid. Sebagai guru yang berusia 22 tahun dan mengajar siswa kelas tiga SMA maka usia hanya terpaut empat sampai lima tahun. Saat belum keluar ijazah, penulis juga sudah mengajar di SMA. Kalau bukan profesi guru mungkin sudah dipanggil mas. Apabila diberi tugas oleh sekolah untuk membimbing karya tulis maupun lomba, hal itu terasa canggung. Gosip mengenai kedekatan dengan siswi langsung membahana padahal itu adalah hubungan profesional pembimbingan kegiatan ekstrakurikuler. Sampai pada suatu titik kulminasi, penulis memiliki resolusi untuk tidak akan mencari jodoh dari murid sendiri.

Paradigma pendidikan David Kerr tersebut menginspirasi penulis dalam melakukan proses pembelajaran yang menyangkut hubungan antara guru (pendidik) dengan peserta didik. Apabila siswa berkonsultasi di luar jam pembelajaran mengenai materi pelajaran, studi lanjut, kegiatan ekskul, maupun perlombaan maka saya anggap sebagai klien. Seorang klien dapat bertanya apa saja agar memiliki pemahaman yang jelas dan mampu menerapkan keterampilan dari apa yang guru sampaikan.

Pembimbingan kegiatan lomba atau kompetisi siswa merupakan suatu hal yang menantang. Pilihan hasilnya yaitu menang atau kalah. Meskipun demikian sebenarnya banyak nilai dan pengalaman yang akan diperoleh siswa, seperti kerja keras, disiplin, komitmen, sportivitas, pantang menyerah, menghargai, dan sebagainya. Dalam membimbing dan melatih klien (siswa) tidak cukup dilakukan pada jam pembelajaran, namun memerlukan waktu ekstra atau sore hari. Kemampuan membimbing dan melatih akan mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menghadapi tema dan jenis perlombaan. Hal itu ditambah kemampuan bagaimana mengurus birokrasi pendaftaran dan perijinan siswa agar mudah dalam melakukan pelatihan dan perlombaan.

Bagi penulis, pembimbingan dan pelatihan saat itu belum menjadi hal yang biasa karena belum punya pengalaman terlebih jam terbang. Namun apabila tidak mengambil tantangan tersebut maka tidak akan memiliki kemampuan. Pada prinsipnya, apabila diberi tugas maka harus dijunjung tinggi dan dikerjakan dengan sebaik-baiknya tanpa melihat kompensasi yang akan diberikan oleh sekolah. The show must go on.

Pembimbingan pertama dalam melatih lomba pidato berhasil memperoleh juara. Pengalaman kedua dalam membimbing lomba karikatur memperoleh juara pertama di Kota Semarang, kemudian tim debat memperoleh juara pertama. Pembimbingan pada kegiatan ekstrakurikuler Pramuka juga banyak memperoleh gelar juara dalam perlombaan antarpangkalan. Pada tahun-tahun berikutnya, membimbing lomba cerdas cermat juga memperoleh piala. Meskipun demikian, kejadian mengalami kegagalan juga pernah penulis rasakan tidak hanya sekali. Kemudian penulis berpikir, kalau para siswa yang dibimbing bisa menang dan memperoleh juara, mengapa gurunya tidak mencoba mengikuti kompetisi? Tidak lengkap apabila gurunya pandai melatih namun tidak mampu membuktikan bahwa dirinya juga bisa juara. Penulis teringat pesan Jeanette Vos pada Lokakarya International Learning Revolution 2003 bahwa semakin luas Anda mengaitkan (berbagai hal) maka semakin banyak Anda belajar.

            Kemudian penulis melihat lagi ke belakang (flashback) mencari sebab mengapa siswa yang dibimbing mampu berprestasi. Ternyata para siswa tersebut memiliki kesungguhan, komitmen, disiplin, mampu membagi waktu, kreatif, pantang menyerah, dan berlatih sendiri. Jadi tidak hanya mengandalkan pelatihan di sekolah. Dukungan orang tua dan teman-teman juga diperoleh untuk meningkatkan kepercayaan diri. Mereka mencoba dan terus mencoba sampai memiliki kesiapan untuk bersaing dan berkompetisi. Teringat pesan dari Walt Disney bahwa jika Anda dapat memimpikannya, Anda pasti bisa melakukannya. Dan menurut Roger C. Schank dalam Engines for Learning bahwa untuk mempelajari sesuatu maka praktikkanlah.

            Pada tahun 2012, penulis mencoba mengikuti lomba membuat blog untuk pembelajaran yang diselenggarakan oleh BPTIK Jateng. Melalui kerja keras dan kreativitas akhirnya berhasil memperoleh Peringkat Pertama. Kemudian pada lomba blog pembelajaran diberbagai tempat juga memperolah juara pertama. Kemudian penulis berpikir dan menemukan simpulan bahwa semua lomba apapun untuk kategori guru intinya adalah menulis. Lomba apapun akan kembali pada satu hal yaitu kemampuan menulis. Akhirnya penulis belajar bagaimana menulis yang baik secara otodidak dengan membaca tulisan orang yang pernah juara seperti artikel, penelitian tindakan kelas, best practices, dan sebagainya. Dalam kompetisi menulis, penulis juga jatuh bangun dalam perlombaan. Bahkan pada tiga final lomba menulis tingkat nasional tidak berhasil memperoleh satu gelar juara pun.

            Sebagai agen pembelajaran, penulis tidak berlebihan dalam obsesi mengikuti kompetisi. Penulis tetap bersemangat menjalankan perannya sebagai fasilitator, motivator, pemacu, perekayasa pembelajaran, dan pemberi inspirasi belajar bagi peserta didik. Oleh karena itu penguasaan kompetensi guru terus diupdate dengan mengikuti berbagai kegiatan pengembangan diri (seperti workshop, seminar, bintek, dan lain-lain) dan menulis publikasi ilmiah dan karya inovasi. Pada prinsipnya guru akan terus dikenang melalui keberhasilan peserta didik dan karyanya. Penulis mencoba menulis karya ilmiah dan inovasi meskipun niat awalnya tidak untuk diikutkan dalam perlombaan. Menulis dan terus berkarya hingga akhirnya terkumpul beberapa naskah dan karya inovatif. Ternyata kemudian karya penulis tersebut menemukan momentumnya.

Ternyata benar apa yang dikatakan oleh Marilyn King (1991), seorang atlet Panca-Lomba Olimpiade dari Amerika Serikat bahwa rumus keberhasilan adalah gairah + visi + aksi = sukses. Gairah atau semangat sebagai agen pembelajaran + visi menjadi guru berprestasi + aksi berkarya dan membimbing siswa = menghasilkan prestasi dan penghargaan. Hasil tiada mengkhianati proses. Pada tahun 2017, penulis diminta oleh kepala sekolah untuk maju dalam pemilihan guru SMA berprestasi. Berbagai kemudahan dalam penyusunan portofolio dan pengalaman diperoleh karena memiliki beragam karya tulis, karya inovasi, dan kegiatan pengembangan diri. Penulis tidak membuat sesuatu yang baru, namun tinggal mengumpulkan dan menata hasil karya yang pernah dilakukan. Atas berkat kuasa Alloh SWT, penulis memperoleh Peringkat Pertama Guru SMA Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2017. Kemudian pada tahun 2018 memperoleh penghargaan Satyalancana Pendidikan.

Simpulan

Kita dapat belajar dari mana saja termasuk dari murid sendiri. Pada dasarnya setiap murid kita adalah jenius, pertanyaannya adalah bagaimana kita membimbing dan melatihnya. Oleh karena itu dibutuhkan keterampilan dan kreativitas guru. Murid yang kreatif dan berprestasi dibentuk oleh guru yang mau menganggap peserta didik sebagai klien.

Rumus keberhasilan adalah gairah + visi + aksi = sukses. Gairah atau semangat sebagai agen pembelajaran + visi menjadi guru berprestasi + aksi berkarya dan membimbing siswa = menghasilkan prestasi dan penghargaan. Untuk mempelajari sesuatu maka praktikkanlah. Oleh karena itu patut kita renungkan tantangan olimpiade yang disampaikan oleh Marilyn King:

Jika Anda punya gairah dan visi, tetapi tanpa aksi maka Anda melamun. Jika Anda punya visi dan aksi, tetapi tanpa gairah maka Anda akan serba tanggung. Jika Anda punya gairah dan aksi, tetapi tanpa visi maka Anda akan sampai di tempat yang keliru.

 Sebagai agen pembelajaran, kita harus tetap bersemangat menjalankan tugas sebagai guru. Contoh dan pembelajaran yang baik akan menjadi inspirasi bagi siswa dalam meraih cita-cita. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk pembaca.

TENTANG PENULIS

Rochimudin, S.Pd. lahir di Kebumen, 21 Januari 1976. Alamat rumah berada di Perum Kutilang Sari 3 No. 35 Kelurahan Susukan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang – Jawa Tengah.

Berprofesi sebagai guru sejak tahun 1999. Sekarang mengajar di SMA Negeri 5 Semarang mata pelajaran PPKn. Selain mengajar juga menulis untuk berbagi pengalaman.

Spread the love

Yudhi Kurnia

redaksi@satuguru.id

Related post

149 Comments

  • iya pak, akan menyenangkan kegiatan mengajar itu jika dilakukan oleh guru yang menjadikan mengahar sebagi passion dan ibadah. Maka bagi yang belum merasakan mengajarnya menjadi sesuatu yang menyenangkan coba niatnya diperbaiki, bahwa mengajar itu ibadah dan akan buat bahagia.

    • Terima kasih atas masukkannya pak, diniati awal dengan ibadah akan lebih bagus.

  • Alhamdulillah artikel ini sangat bermanfaat dan dapat memberikan motivasi kepada saya…… untuk menjadi seorang Guru yang dapat menjadikan siswa sebagai klien, mitra, motivator dalam meraih sukses.
    Saya juga sangat setuju.. dengan prinsip Beliau Gairah…Visi…Karya.
    Betul. Kita harus berani mencoba ! Terus semangat..Lanjutkan perjuangan Bpk… Semoga sukses…

    • Terima kasih, semoga dapat memberikan manfaat dan motivasi bagi Ibu Farida.

  • Pengalaman yang sangat menginspirasi. Saya sebagai seorang guru baru beberapa tahun mengajar juga menyadari bahwa membaca dan menulis adalah modal yang penting. Hal ini tentu agar kita dapat update dengan kondisi saat ini. Semoga kedepannya bisa memulai berprestasi seperti Pak Rochimudin. Belajar Berproses.

    • Terima kasih telah membaca, semoga tulisan ini dapat membantu dan bermanfaat.

  • Visi. Semangat dan aksi yang luar biasa untuk menginspirasi bagi pembacanya untuk belajar kapan dan dimana saja termasuk belajar pada murid sebagai hasil refleksi dirivdan libgkungan

    • Terima kasih telah membaca, semoga tulisan ini dapat membantu dan bermanfaat. Semoga tetap sehat dan bahagia selalu.

  • Sebuah tulisan yang dapat membuka mata dan pikiran kita bahwa belajar tidak mengenal usia, semangat dan dedikasi penulis patut dicontoh agar kita bisa menikmati profesi sebagai seorang pendidik yang profesional dan menginspirasi positif bagi siapa pun. Terus berkarya dan semoga semakin sukses untuk Pak Rochimudin.

    • Terima kasih telah membaca, semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Semoga tetap sehat dan bahagia selalu.

  • Jadi teringat, pertama kali saya mengajar, ada 1 siswa yang sejak kecil terbiasa memanggil saya “Kak”, karena dia adalah teman TK adik saya… 🙂

    Terima kasih Pak Rochimudin, tulisan yang sangat menginsirasi dan memotivasi agar tetap harus terus belajar. Sukses selalu untuk Pak Rochimudin.

  • Artikel yang sangat menginspirasi 👍, membaca tulisan Pak Ochim, saya jadi teringat pesan Pramudya Ananta Toer bahwa orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah, karena menulis adalah bekerja untuk keabadian.

    • Terima kasih telah membaca, ini masih latihan menulis juga jadi mohon selalu saran dan kritikannya.

  • Alhamdulillah artikel ini sangat menarik dan bermanfaat bagi saya.trima kasih pak sudah menjadi panutan yang baik.

    • Terima kasih atas kunjungannya

  • Artikel ini Sangat bermanfaat dan menginspirasi orang orang dan dapat dijadikan motivasi. Artikel ini sangat bagus, terima kasih pak rochimudin 🙏🏼

  • Artikel ini dapat menjadi inspirasi bagi orang-orang, dan dapat menjadi motivasi. Artikel ini bagus dan tidak mengewakan terimakasih pak Rochimudin👍

  • Semangat dan berjasa buat pak rohimudin tetap berkarya dan menginspirasi.

  • keren Pak Ochim. Pesannya dapat dipahami dengan baik.

  • artikel nya sangat bagus, saya sangat setuju dengan kata kata ” belajar lah dari siapa saja, termasuk murid kita sendiri” yang berarti jangan gengsi(malu) untuk menuntut ilmu meskipun kita sudah tua

  • Menurut saya artikel ini merupakan artikel yang sangat bagus dan bermanfaat. Artikel ini juga bisa dijadikan pacuan untuk para tenaga pendidik kedepannya

  • Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi banyak orang dan dapat dijadikan motivasi dikemudian hari. terima kasih Pak Rochimudin, sukses selalu

  • Alhamdulillah artikel ini sangat bermanfaat dan dapat memberikan motivasi kepada saya…… untuk menjadi seorang Guru yang dapat menjadikan siswa sebagai klien, mitra, motivator dalam meraih sukses.
    Saya juga sangat setuju.. dengan prinsip Beliau Gairah…Visi…Karya.
    Betul. Kita harus berani mencoba ! Terus semangat..Lanjutkan perjuangan Bpk… Semoga sukses…

    • Terima kasih telah membaca, semoga tulisan ini dapat membantu dan bermanfaat. Raih masa depanmu dengan do’a dan ikhtiar. Semoga tetap sehat dan bahagia selalu.

  • Artikel ini Sangat bermanfaat dan menginspirasi orang orang dan dapat dijadikan motivasi. Artikel ini sangat bagus, terima kasih pak rochimudin, sukses selalu

  • Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi banyak orang dan dapat dijadikan motivasi dikemudian hari. terima kasih Pak Rochimudin, sehat dan sukses selalu bapak.

  • Artikel ini Sangat menginspirasi dan bermanfaat dan dapat dijadikan motivasi. Artikel ini sangat bagus, terima kasih pak rochimudin, sukses selalu

  • Semangat dan aksi yang bagus untuk menginspirasi bagi pembacanya untuk belajar kapan dan dimana saja terutama untuk murid sebagai hasil refleksi diri dan lingkungan.

  • sangat bagus untuk menginspirasi bagi pembacanya untuk belajar kapan dan dimana saja terutama untuk murid sebagai hasil refleksi diri dan lingkungan.

  • Menurut saya artikel ini sangat bermanfaat dan dapat memberikan banyak motivasi kepada saya.

  • sangat bagus untuk menginspirasi bagi pembacanya untuk belajar dimana dan kapan saja terutama untuk murid sebagai hasil refleksi diri dan lingkungan. sukses selalu

  • Mudah di mengerti, semoga harimu menyenangkan

  • artikel ini sangat bermanfaat dan bagus 👍🏻

    • Terima kasih. Senang dapat berbagi.

  • sangat bagus untuk menginspirasi bagi pembaca untuk belajar dimana dan kapan saja terutama untuk murid sebagai hasil refleksi diri. sukses selalu.

    • Terima kasih. Senang dapat berbagi.

  • artikel yang sangat inspiratif karena dapat menjadi inspirasi selain pada siswa/siswi juga pada para pembimbing yang lebih banyak membimbing untuk ikut mencoba berkompetisi seperti siswa/siswi yang dilatih

    • Terima kasih, semoga berhasil ya mbak.

  • Tetap semangat 🙂

  • menurut saya artinel ini merupakan artikel yang sangat bagus dan bermanfaat, penuh inspirasi dan motivasi. sangat setuju dengan kata ” belajar lah dari siapa saja, termasuk murid kita sendiri”. Membuat kita lebih yakin bahwa kita mencari ilmu dimana saja dan dengan siapa saja. Semangat dan sukses selalu.

  • menurut saya artinel ini merupakan artikel yang sangat bagus dan bermanfaat, penuh inspirasi dan motivasi. Saya setuju dengan kata ” belajar lah dari siapa saja, termasuk murid kita sendiri”. Membuat kita lebih yakin bahwa kita mencari ilmu dimana saja dan dengan siapa saja. Semangat dan sukses selalu.

  • Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat. Yang memberikan Contoh dan pembelajaran yang baik akan menjadi inspirasi bagi siswa dalam meraih cita-cita.

  • Alhamdulilah Artikel ini sangat bermanfaat, menginspirasi, dan memotivasi orang banyak

  • Keren.. isi Artikel nya sangat bermanfaat sekali baik bagi para siswa maupun para guru, disini kita diajarkan bahwa kita harus terus berusaha agar menjadi yang nomor satu..

  • artikel ini sangat bagus dan mudah di pahami

  • artikel ini sangat menginspirasi dan menarik karena memang siswa yang jenius dibentuk dari cara ngajar mengajar guru tersebut

  • Alhamdulilah Artikel ini sangat bermanfaat, menginspirasi, dan memotivasi dan menginspirasi orang banyak

  • Artikelnya bermanfaat sekali ma syaa allah… Semoga bisa menjadi motivasi banyak orang…

  • Artikel yang sangat bagus dan menginspirasi, dan pesanya dapat dipahami dengan sangat baik, semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi orang-orang dan dapat dijadikan sebagai motivasi, terimakasih Pak Rochimudin. Sukses selalu

  • terima kasih pak Rochimudin,
    artikel anda sangat inspiratif semoga bermanfaat bagi banyak orang

  • Artikel ini dapat menjadi inspirasi bagi orang-orang, dan dapat menjadi motivasi. dan dapet mudah dipahami pak rochimudin

  • menurut saya artikel ini bermanfaat bagi banyak sekali pihak seperti pengajar,penulis yang mungkin sedang melewati banyak hal dalam profesi/bidang yang mereka geluti, dan juga bisa lebih membuka mata orang orang tentang stigma atau stereotype yang menyepelekan profesi atau bidang ini.

  • Artikelnya bagus, semangat pak

  • Artikel ini sangat bermanfaat dan bisa untuk motivasi semua orang, mengajarkan kita cara agar bisa menjadi orang yang berprestasi dan sukses untuk kedepan nya. Terima kasih pak Rochimudin.

  • artikel yang sungguh menginspirasi, kita harus slalu bangkit apabila terjatuh dan terus mengejar prestasi dimanapun, kapanpun, dan apapun tantangannya

  • artikel nya sangat bagus, saya sangat setuju dengan kata kata ” belajar lah dari siapa saja, termasuk murid kita sendiri” yang berarti jangan gengsi(malu) untuk menuntut ilmu meskipun kita sudah tua

  • Alhamdulillah artikel ini sangat bermanfaat dan dapat memberikan motivasi kepada saya

  • Artikel ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi

  • artikel ini sangat bermanfaat dan dapat memberikan motivasi kepada saya

  • artikel ini sangat bermanfaat dan dapat memberikan motivasi kepada saya dan bisa saya gunakan pada kehidupan saya sendiri

  • sangat menginspirasi sesuai kata “rumus keberhasilan adalah gairah + visi + aksi = sukses. Gairah atau semangat sebagai agen pembelajaran + visi menjadi guru berprestasi + aksi berkarya dan membimbing siswa = menghasilkan prestasi dan penghargaan.”

  • Menurut saya artikel yang sangat membantu sekali dalam motivasi untuk selalu belajar dan berkerja keras, mengingatkan bahwa setiap kehidupan pasti akan menemui kegagalan.

    Semoga artikel ini dapat selalu menjadi motivasi bagi siswa dan masyarakat

  • artikel ini sangat bermanfaat dan dapat memberikan motivasi kepada saya

  • Tulisan pak Ochim menjadi pemantik untuk saya, terutama pada bagian hubungan antara siswa dan pendidik, menjadikan siswa sebagai klien, belajar dan bersinergi bersama. Tentunya juga dalam menulis. Terima kasih sudah membagikan pengalaman yang sangat berharga pak 🙏🏻

    • Terima kasih Bu Arnika.

  • ‘Rumus keberhasilan adalah gairah + visi + aksi = sukses’, akan selalu saya ingat, pak. semoga rumus ini bisa saya terapkan di dalam kehidupan mengajar saya. artikel yang sangat menginspirasi dan tetap semangat dalam berkarya ya Pak Rochimudin 🙂

  • ‘Rumus keberhasilan adalah gairah + visi + aksi = sukses’, akan selalu saya ingat, pak. semoga rumus ini bisa saya terapkan di dalam kehidupan mengajar saya. artikel yang sangat menginspirasi dan tetap semangat dalam berkarya ya Pak Rochimudin 🙂

    • Terima kasih mbak Agnes. Senang dapat membantu dan bermanfaat bagi rekan. Semoga tidak bosan membacanya.

  • Ok dan begitu membantu.

  • Tulisan yang sangat bermanfaat.

  • Menurut saya artikel ini sangat memotivasi semua pembaca terutama guru, dimana berisikan contoh dan pembelajaran saat mengajar di berbagai bidang/profesi

  • Artikel ini Sangat bermanfaat dan menginspirasi dan dapat dijadikan motivasi untuk semua orang.

  • Terima kasih pak ilmunya, sangat bermanfaat👍🏻 sukses selalu pak🙏🏻

  • Artikel yang sangat bermanfaat. Memang betul terkadang ilmu datang dari mana saja termasuk dari murid kita sendiri.

  • Artikel yang sangat menginspirasi pak, terutama dalam hal hubungan antara guru dan murid. Menurut saya, keberhasilan guru dalam membangun hubungan dengan murid akan menciptakan sebuah sinergi yang positif. Baik bagi siswa, maupun bagi guru itu sendiri.

  • Saya sangat terinspirasi terutama pada kalimat “Apabila tidak mengambil tantangan maka tidak akan memiliki kemampuan” kalimat tersebut memotivasi saya untuk berani mencoba suatu hal baru dan mencoba untuk mengambil tantang karena dengan berani mengambil tantangan maka kita akan mendapat suatu pengalaman baru yang nantinya akan menambah kemampuan atau soft skill diri. Hal ini juga menyadarkan saya untuk berani keluar dari zona nyaman dan menjadi petarung yang tangguh untuk menjadi pemenang.
    Terima kasih Bapak, cerita Bapak sangat menginspirasi saya untuk menjadi guru yang memiliki kualitas unggul.

    • Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

  • Sangat menginspirasi

  • Terimakasih telah berbagi pak, tulisan anda mengembalikan semangat saya untuk berkarya yg hampir luntur

  • Artikelnya sangat bermanfaat dan memotivasi sekali bagi pembaca. Terimakasih pak rochimudin sudah membagikan pengalamannya semoga dapat menginspirasi saya

  • Artikel yang sangat bagus, sangat memberikan saya motivasi, Kata-kata nya mudah dimengerti dan mudah dipahami, semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi orang-orang, terimakasih pak rochimudin. Sukses

    • artikel ini sangat relate sekali dengan kehidupan dimana setiap manusia pasti mendapat tantangannya, entah apakah tantangan itu akan kita lalui dengan sejuta hambatan atau kita lalui dengan perjuangan dan pengorbanan menuju keberhasilan. apapun hasil yg kita dapat, gagal maupun sukses. kita harus terus mencoba dan belajar dari setiap pengalaman. semoga kedepannya artikel ini bisa bermanfaat untuk banyak orang!

  • Sangat bagus dan menginspirasi saya untuk semakin bersemangat

  • Artikel ini Sangat bermanfaat dan menginspirasi orang orang dan dapat dijadikan motivasi. Artikel ini sangat bagus, terima kasih pak rochimudin, sukses selalu

  • sangat menginspirasi

  • artikel diatas sangat bermanfaat dan informatif. Membagi pengalaman kepada pembaca, semoga dapat terus menginspirasi.

  • Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi banyak orang dan dapat dijadikan motivasi dikemudian hari. terima kasih Pak Rochimudin, sehat dan sukses selalu bapak

  • Ada sensasi tersendiri saat guru mendapatkan tugas membimbing siswa mengikuti kompetisi, ikut merasakan deg2an, ikut senang saat mereka menang, ikut sedih saat mereka belum berhasil, tangan terasa dingin saat mereka berlaga. Dari beberapa kali membimbing, kesimpulan saya adalah: Untuk bisa melaksanakan tugas sebagai pembimbing, tidak perlu “terlalu pintar”, tidak perlu untuk “menguasai banyak hal”, tidak perlu “terlalu istimewa”. Untuk siswa di tingkat SLTA, yang lebih mereka butuhkan adalah ketelatenan kita sebagai pembimbing dalam mengarahkan, membimbing, memberi saran, dukungan, dan menyemangati mereka agar menjadi kompetitor yang pantang menyerah.

    • Terima kasih tanggapannya, ini menandakan bahwa Ibu Tuhan telah banyak berpengalaman dalam pembimbingan siswa. Saya setuju pandangannya, namun ada ungkapan siswa akan berkembang bakat dan kemampuan nya dengan baik apabila mendapatkan bimbingan dari guru yang tepat.

  • Terima kasih tanggapannya, ini menandakan bahwa Ibu Yuhan telah banyak berpengalaman dalam pembimbingan siswa. Saya setuju pandangannya, namun ada ungkapan siswa akan berkembang bakat dan kemampuan nya dengan baik apabila mendapatkan bimbingan dari guru yang tepat.

  • Artikel yang sangat bagus, sangat memberikan saya motivasi, Kata-kata nya mudah dimengerti dan mudah dipahami, semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi orang-orang, terimakasih pak rochimudin. Sukses yaa pak ochim

  • Artikel yang sangat bagus, menjadi inspirasi orang-orang, terimakasih pak rochimudin. Sukses yaa pak ochim

  • Terima kasih.

  • Saya sangat terinspirasi terutama pada kalimat “Apabila tidak mengambil tantangan maka tidak akan memiliki kemampuan” kalimat tersebut memotivasi saya untuk berani mencoba suatu hal baru dan mencoba untuk mengambil tantang karena dengan berani mengambil tantangan maka kita akan mendapat suatu pengalaman baru yang nantinya akan menambah kemampuan atau soft skill diri. Hal ini juga menyadarkan saya untuk berani keluar dari zona nyaman dan menjadi petarung yang tangguh untuk menjadi pemenang.

    Semoga selalu sukses pak

  • Artikel yang sangat bagus, Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi banyak orang dan dapat dijadikan motivasi dikemudian hari. terima kasih Pak Rochimudin, sehat dan sukses selalu bapak

  • Rumus keberhasilan adalah gairah + visi + aksi = sukses. Sangat menginspirasi bangett suka baca artikel nya lebih menjadikan kita lebih giat dan mempunyai visi misi hidup🤩 BAGUSS BANGEETT PAK OCHIM WOOWW :3

  • artikel yang sangat keren, dan sangat menginspirasi.
    membagi pengalaman kepada pembaca nya. semoga dapat dijadikan motivasi untuk orang orang.
    sukses dan sehat terus pak rochimudin

  • artikel ini sangat bermanfaat dan juga sangat menginspirasi, terimakasih Pak Rochimudin, semoga sehat selalu

  • artikel ini sangat bagus, membuat saya termotivasi, kata katanya mudah dimengerti dan mudah dipahami. terimakasih pak rochimudin, sehat dan sukses selalu pak

  • artikel ini sangat bagus bermanfaat dan juga sangat menginspirasi, terimakasih Pak Rochimudin, semoga sehat selalu

  • Menurut saya artikel ini sangat bagus dan bermanfaat, penuh inspirasi dan motivasi. Kata-kata nya mudah dimengerti dan dipahami, terimakasih dan sukses selalu pak rochimudin

  • artikel ini sangat membuat saya termotivasi dan semangat. terimakasih pak rochimudin, sehat dan sukses selalu pak

  • Belajar bisa di mana saja senyaman mungkin kamu belajar dan harus menghargai guru/pelatih

  • Keren pak artikelnya sangat bagus, bermanfaat bagi semua orang sukses selalu pak ochim

  • Artikel yang sangat bagus. kata katanya mudah dimengerti dan sangat memotivasi. Terimakasih Pak Ochim

  • artikel yang bagus dan sangat bermanfaat untuk memotivasi orang orang terimakasih pak ochim

  • Artikel yang bagus dan memotivasi bagi saya

  • Artikel yang sangat menginspirasi, memotivasi, dan membangkitkan semangat bagi para guru pemula. Para pembaca dari semua kalangan —baik guru, siswa, pekerja, dan lainnya dapat mengambil hikmahnya. Terutama “Gairah atau semangat sebagai agen pembelajaran + visi menjadi guru berprestasi + aksi berkarya dan membimbing siswa = menghasilkan prestasi dan penghargaan. Hasil tiada mengkhianati proses.”
    Terima kasih Pak Rochimudin sudah berbagi pengalaman yang luar biasa ini, semoga sehat selalu dan lancar dalam karirnya 🙏🏻

  • Menurut saya artikel ini memuat hal-hal yang sangat menginspirasi. Sebelumnya saya tidak tahu bahwa menjadi guru muda akan memiliki banyak tantangan, dan masalah-masalah seperti pada artikel, tetapi saya terinspirasi ketika melihat kata “apabila tidak mengambil tantangan maka tidak akan memiliki kemampuan “ membuat saya bahwa saya harus berani untuk memulai sesuatu.

  • Artikel ini mengajarkan tentang semangat dan motivasi juga menginspirasi para guru dan murid

  • Artikel ini Sangat bermanfaat dan menginspirasi orang orang dan dapat dijadikan motivasi. Artikel ini sangat bagus dan saya semakin semangat , terima kasih pak rochimudin , sukses selalu

  • artikel nya saya sangat bagus untuk motivasi buat saya,dan saat bermanfaat bagi semua orang.

  • Menurut saya artikel ini memuat hal-hal yang sangat menginspirasi. Sebelumnya saya tidak tahu bahwa menjadi guru muda akan memiliki banyak tantangan, dan masalah-masalah seperti pada artikel, tetapi saya terinspirasi karena artikel ini membuat saya sadar, bahwa saya harus berani untuk memulai sesuatu dan mengambil resiko

  • Artikel ini sangat menginspirasi dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan pihak seperti pengajar,penulis yang mungkin sedang melewati banyak hal dalam profesi ataupun bidang yang sedang mereka jalani

  • Artikel diatas sangat memberi motivasi kepada saya,dan sangat bermanfaat untuk saya maupun orang lain,terimaksih pak rochim

  • Artikel ini cukup menarik dan bermanfaat. Serta dapat memberikan siswa perspektif yang berbeda dalam melihat /memandang gurunya. Terimakasih pak Rochimudin atas inspirasinya, semoga selalu sehat dan sukses selalu

  • artikel ini sangat menginovasi dan berkesan
    kata kata dan kalimat di artikel ini sangat mudah dipahami selain itu artikel ini sangat mengandung banyak makna dan inspirasi. Terimakasih pak rochimuddin , sukses dan berkah selalu pak ochim😃

  • artikel ini memuat hal-hal yang sangat menginspirasi. Sebelumnya saya tidak tahu bahwa menjadi guru muda akan memiliki banyak tantangan, dan masalah-masalah seperti pada artikel, tetapi saya terinspirasi karena artikel ini membuat saya sadar, bahwa saya harus berani untuk memulai sesuatu dan mengambil resiko.

  • Menurut saya artikel ini sangat menginspirasi dan penuh pelajaran. Saya sangat setuju dengan kalimat “apabila tidak mengambil tantangan maka tidak akan memiliki kemampuan”. Karena memang sudah seharusnya setiap orang harus terus mengambil tantangan dan terus mencoba hal baru agar bisa terus berkembang. Karena dengan mengambil tantangan dan tentu saja dengan berusaha keras, maka semuanya akan setimpal seperti memperoleh kejuaraan dan sebagainya. Meskipun terkadang memang gagal namun hal tersebut akan menjadi sebuah pengalaman untuk mengambil tantangan yang berikutnya.

  • Artikel ini sangat bagus dan bermanfaat karena berisikan pengalaman pribadi yang benar-benar terjadi dan juga dirasakan oleh semua orang, termasuk saya sendiri. Tantangan yang terjadi dalam kehidupan belajar mengajar adalah bagaimana kita dapat lebih dekat dengan guru, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih nyaman. Namun inilah yang menjadi tantangan yang berat bagi seorang siswa karena rata-rata siswa yang dapat menjalin hubungan dekat dengan guru merupakan siswa yang memiliki potensi dalam hal akademik maupun non akademik. Maka dari itu, ini menjadi sebuah acuan untuk kami sebagai siswa untuk meraih prestasi baik akademik maupun non akademik supaya hubungan baik yang terjalin antara guru dan kami berjalan dengan baik. Selain itu tantangan bagi seorang manusia dalam menjalani hidup adalah selalu puasnya mereka dengan hasil yang sudah dicapai, sehingga mereka tidak mau meraih suatu hal yang lebih dari yang dicapainya. Pada artikel ini menggambarkan bahwa menjadi seorang guru tidak hanya puas dengan mengajar seorang siswa sesuai mapelnya, namun seorang guru juga harus terus meraih prestasi untuk menjadi lebih baik dan dapat mengembangkan potensi tersembunyi siswa-siswi yang diampunya.

  • Setelah saya membaca artikel ini, saya pikir benar adanya apabila kita ingin memiliki kemampuan namun jam terbang atau pengalaman masih kurang maka kita perlu untuk mengambil tantangan. Yang mana tantangan tersebut lah yang akan mendorong diri kita untuk berlatih terus menerus mencapai tujuan kita, dan membuktikan bahwa diri kita mampu untuk melewati tantangan yang diberikan. Serta memberikan peluang untuk mencapai prestasi.

  • Artikel ini berisi pengalaman yang baguss, karena dapat membuka pikiran kita bahwa belajar itu tidak pernah mengenal usia, dan artikel ini memiliki maanfaat yang sangat berpengaruh untuk siswa dan orang banyak. Pak Rochimudin sangat kerennn👍🏻

  • Artikel nya sangat bagus dan bermanfaat bagi saya karena Kita dapat belajar dari mana saja melalui internet atau buku buku digital semoga bisa menginspirasi bagi saya dan lebih bersemangat

    • Memang itu akannnebginspirasi pembaca.

  • Isi dari artikel ini adalah bagaimana mengatur hubungan antara guru dengan murid. Karena dalam membimbing dan melatih siswa tidak cukup dilakukan pada jam pembelajaran, namun memerlukan waktu ekstra. Tetapi pada dasarnya setiap murid kita adalah jenius, pertanyaannya adalah bagaimana kita membimbing dan melatihnya. Oleh karena itu dibutuhkan keterampilan dan kreativitas guru.

  • artikel ini sangat menginspirasi bagi pembaca terutama dalam kalimat “Pada dasarnya setiap murid kita adalah jenius, pertanyaannya adalah bagaimana kita membimbing dan melatihnya.” Memang semua orang terlahir jenius,namun bukan jenius secara kognitif. Tetapi mengapa terdapat guru yang memandang murid dari prestasi akademis saja?padahal bisa saja murid tersebut memiliki keahlian dalam bidang non akademis.

  • Dalam artikel ini membuat saya menjadi termotivasi dengan perjuangan bapak selama ini. “Apabila diberi tugas maka harus dijunjung tinggi dan dikerjakan dengan sebaik-baiknya tanpa melihat kompensasi yang akan diberikan oleh sekolah” dari kalimat tersebut, saya dapat belajar bahwa harus bertanggungjawab atas keputusan yang telah diambil dan menjaga amanah yang telah diberikan.

    Semangat terus pak Rochimudin, bapak keren👍

  • artikel ini sangat menginspirasi bagi pembaca terutama dalam kalimat “Pada dasarnya setiap murid kita adalah jenius, pertanyaannya adalah bagaimana kita membimbing dan melatihnya.” Memang semua orang terlahir jenius,namun bukan jenius secara kognitif. Menjadi guru merupakan pekerjaan yang mulia karena guru bagaikan jembatan yang dapat mengantarkan anak bangsa untuk meraih cita-citanya.

  • jika pada dasarnya setiap murid itu adalah jenius, hanya saja bagaimana cara membimbing juga melatihnya agar anak itu menjadi jenius agar kesadaran diri dari anak menjadi lebih berkembang. rumus keberhasilan adalah gairah + visi + aksi = sukses. Artikel ini sangat bermanfaat dan membuat pikiran kita menjadi termotivasi untuk berkembang

    terima kasih Pak Rochimudin, sehat dan sukses selalu bapak

  • jika pada dasarnya setiap murid itu adalah jenius, hanya saja bagaimana cara membimbing juga melatihnya agar anak itu menjadi jenius agar kesadaran diri dari anak menjadi lebih berkembang. rumus keberhasilan adalah gairah + visi + aksi = sukses. Artikel ini sangat bermanfaat dan membuat pikiran kita menjadi termotivasi untuk berkembang

  • artikel ini sangat bermanfaat dan juga bisa menginspirasi orang orang,dari artikel ini kita jadi bisa membuka pola pikir kita jadi lebih baik lagi,intinya dari saya membaca artikel ini saya sangat termotivasi dan jadi lebih semangat lagi,terimakasi pak rochimudin sukses selalu

  • jika pada dasarnya setiap murid itu adalah jenius, hanya saja bagaimana mengajarkan dan melatih agar anak itu menjadi jenius supaya kesadaran diri dari anak menjadi lebih berkembang. rumus keberhasilan yaitu gairah, visi, aksin agar menjadi sukses. Artikel ini sungguh memberi banyak pelajaran yang menginspirasi

    terima kasih Pak Rochimudin, sehat dan sukses selalu bapak

  • jika pada dasarnya setiap murid itu adalah jenius, hanya saja bagaimana mengajarkan dan melatih agar anak itu menjadi jenius supaya kesadaran diri dari anak menjadi lebih berkembang. rumus keberhasilan yaitu gairah, visi, aksin agar menjadi sukses. Artikel ini sungguh memberi banyak pelajaran yang menginspirasi

  • jika pada dasarnya setiap murid itu adalah jenius, hanya saja bagaimana mengajarkan dan melatih agar anak itu menjadi jenius supaya kesadaran diri dari anak menjadi lebih berkembang.

  • Artikel ini sangat bermanfaat dan dapat menjadi motivasi untuk para siswa yang membaca artikel ini

  • Artikel ini sangat membantu saya dalam pembelajaran karena dengan artikel ini saya mendapat sebuah motivasi untuk tidak selalu menyalahkan guru dalam hal pembelajaran,mungkin saya nya saja yg tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan baik
    Terima Kasih Pak Rochimudin,dan sehat selalu ya pak

  • Dapat menjadi inspirasi bagi para calon guru guru untuk di masa depan

  • Artikel ini sangat membantu saya dalam pembelajaran karena dengan artikel ini saya mendapat sebuah motivasi untuk tidak selalu menyalahkan guru dalam hal pembelajaran,mungkin saya nya saja yg tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan baik
    Terima Kasih Pak Rochimudin atas motivasi nya

  • Artikel ini sangat membantu saya dalam pembelajaran karena dengan artikel ini saya mendapat sebuah motivasi untuk tidak selalu menyalahkan guru dalam hal pembelajaran,mungkin saya nya saja yg tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan baik
    Terima Kasih Pak.Rochimudin atas motivasi nya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *