Menjadi  sekolah unggul dengan AKUISI

Di masa ini tidak sedikit sekolah yang berupaya untuk unggul dan maju. Beragam upaya dari sekolah-sekolah baik negeri atau swasta untuk menampilkan performa yang baik. Sekolah yang baik berkaitan dengan motivasi kinerjanya yang tinggi. Kinerja sekolah yang unggul menjadi harapan semua warga sekolah. Pertanyaannya adalah  bagaimana mencapai kinerja unggul tersebut.  

Apa itu AKUISI?

Asesmen Kinerja Unggul Integratif Sekolah Indonesia (AKUISI) adalah instrumen asesmen  yang diadopsi dan diadaptasi dari kerangka kerja Malcolm Balridge Criteria for Education yang disesuaikan dengan iklim dan ekosistem pendidikan di Indonesia. Adaptasi dilakukan  oleh Trisaka Digital Indonesia yang didukung oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia  (PANDI) . Adaptasi melibatkan para ahli senior yang sudah berpengalaman puluhan tahun  dalam melakukan asesmen dengan kerangka kerja Malcolm Baldridge di beberapa BUMN di  Indonesia.  

AKUISI dapat memotret kondisi sekolah agar dapat mengetahui faktor-faktor yang menjadi  kunci keberhasilan dan peluang untuk perbaikan. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut, manajemen sekolah dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dan signifikan untuk  mengarahkan sekolah mencapai kinerja manajemen yang unggul. 

AKUISI membantu sekolah dalam mengelola proses operasional untuk peningkatan kinerja  dan meningkatkan daya saing dengan menitikberatkan pada sasaran yang berorientasi hasil.  Instrumen AKUISI dapat membantu sekolah untuk melakukan peningkatan kinerja yang terus  menerus demi kepuasan dan harapan warga sekolah dan pemangku kepentingan. 

APA YANG DIUKUR OLEH AKUISI 

AKUISI mengidentifikasi Key Factor dari organisasi sekolah yang meliputi 7 (tujuh) aspek,  yaitu:

  1. Kepemimpinan (Leadership
  2. Berorientasi Pelanggan (Customer Focus
  3. Strategi (Strategy
  4. Pengukuran, Analisa dan Manajemen Pengetahuan (Measurement, Analysis and  Knowladge Management
  5. Ketenagakerjaan (Work Force
  6. Berorientasi Operasional (Operational Focus
  7. Hasil (Result)

Kepemimpinan. Aspek ini memotret bagaimana pimpinan di sekolah menetapkan visi dan  tujuan organisasi, bagaimana mengkomunikasikannya kepada setiap anggotanya, dan  bagaimana menggerakkan organisasi mencapai visi tersebut. 

Strategi. Aspek ini ingin melihat bagaimana proses perumusan strategi ditetapkan di  lingkungan sekolah, apakah strategi yang dirumuskan tersebut tepat merespon dinamika  perubahan lingkungan sekolah. 

Berorientasi Pelanggan. Bagaimana organisasi melihat, mendengarkan, memuaskan dan  meningkatkan keterikatan (engagement) peserta didik dan warga sekolah lain.  

Pengukuran, Analisa dan Manajemen Pengetahuan. Bagaimana organisasi menggunakan data  dan informasi yang dapat diandalkan untuk membuat keputusan. 

Ketenagakerjaan. Bagaimana organisasi melibatkan dan memberdayakan semua tenaga kerja. 

Berorientasi Operasional. Bagaimana organisasi memastikan operasional yang efisien dan  efektif bagi kepentingan siswa ataupun pemangku kepentingan lainnya. 

Hasil. Seberapa baik pencapaian organisasi dalam proses belajar-mengajar, pencapaian siswa,  pencapaian tenaga kerja dan keterlibatan mitra, kepemimpinan dan pengelolan keuangan. 

MANFAAT BAGI SEKOLAH 

Tidak masalah apakah organisasi pendidikan baru terbentuk, sedang bertumbuh, atau  mengalami tantangan kualitas hasil-hasil operasional sekolah, kerangka kerja AKUISI dapat  membantu mengidentifikasi dan memanfaatkan setiap keunggulan (strength) yang dimiliki,  menghadapi tantangan yang dihadapi dan membantu mengatasi masalah yang dihadapi,  seperti: 

  1. Memahami apa yang dibutuhkan sekolah agar lebih kompetitif dan mencapai  kesuksesan jangka panjang di dunia pendidikan. 
  2. Memastikan bahwa semua komponen organisasi sekolah memahami dan dapat  berkontribusi serta mendorong kesuksesan jangka panjang organisasi. 
  3. Memastikan bahwa operasional organisasi efisien serta mengarah pada keberhasilan  jangka pendek dan jangka panjang. 
  4. Mendapatkan proses belajar mengajar yang selalu berkembang dan berkualitas serta  unggul dan sejajar dengan level internasional, baik untuk kebaikan/pertumbuhan  organisasi maupun untuk kemajuan peserta didik, agar menjadi manusia yang lebih baik  dengan terus berusaha menyempurnakannya. 
  5. Dapat mengembangkan semua core competence, baik kompetensi  organisasi/institusi/lembaga pendidikan maupun kompetensi peserta didik sesuai  dengan nilai-nilai inti kerangka kerja kriteria AKUISI yang selaras dengan nilai-nilai  yang ada di dalam masyarakat.

KEUNGGULAN INSTRUMEN AKUISI 

AKUISI sebagai instrumen asesmen kinerja manajemen organisasi mempunyai beberapa  keunggulan, yaitu: 

  1. AKUISI mampu mengidentifikasi setiap kekuatan dan kesempatan untuk perbaikan  atau opportunities for improvement (OFI) dari berbagai area dalam organisasi yang  berkaitan dengan tujuh kriteria AKUISI.  
  2. AKUISI memberikan kerangka kerja untuk peningkatan menuju keunggulan kinerja  dengan memberikan kebebasan kepada manajemen untuk melaksanakan strategi bisnis  mandiri dan program-program peningkatan keunggulan kinerja.  
  3. AKUISI merupakan kerangka kerja manajemen terintegrasi, mencakup semua faktor  yang mendefinisikan organisasi, proses operasional dan hasil-hasil kinerja yang jelas  dan terukur.  
  4. AKUISI berfokus pada persyaratan-persyaratan untuk mencapai keunggulan kinerja,  bukan sekedar aplikasi, prosedur, alat atau teknik.  
  5. AKUISI mudah beradaptasi dengan lingkungan bisnis, dapat diterapkan pada  organisasi besar maupun kecil, organisasi lokal yang hanya beroperasi di suatu negara  maupun kelas dunia yang beroperasi di banyak Negara.  
  6. AKUISI telah terbukti merupakan praktik manajemen global yang valid untuk  meningkatkan keunggulan kinerja organisasi.  

PELAKSANAAN 

PENYELENGGARA AKUISI 

AKUISI merupakan produk hasil kerjasama antara Pengelola Nama Domain Internet Indoensia  (PANDI) dan Trisaka Digital Indonesia. 

PANDI adalah Registri Nama Domain .id yaitu penyelenggara yang bertanggung jawab dalam  melakukan pengelolaan, pengoperasian, dan pemeliharaan Penyelenggaraan Sistem Elektronik  Nama Domain Country Code Top Level Domain (ccTLD) .ID yang mendapat mandat dari  ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) dan Pemerintah Indonesia.  ICANN adalah ‘PBB’-nya dunia internet, yaitu yang mengatur ekosistem internet global. 

Trisaka Digital Indonesia, didirikan pada 29 September 2020, bergerak di bidang  pengembangan perangkat lunak, konsultasi management, konsultasi informasi teknologi dan  layanan marketing. Saat ini, Trisaka telah menjadi salah satu Registrar dari Pandi .id Registry. 

Untuk melaksanakan asesmen, Trisaka mengerahkan belasan asesor senior yang telah  berpengalaman melakukan asesmen di berbagai BUMN, serta didukung oleh asesor yunior  sebagai hasil pelatihan kerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. 

Informasi lebih lengkap tentang AKUISI dapat menghubungi Bapak Agus Sugianto di  nomer 082127623317

Spread the love

Related post

2 Comments

  • Semoga bisa membuat sekolah bisa meningkatkan layanan untuk masyarakat dengan semakin baik

  • Pelayanan yang luar biasa, bagaimana cara mendaftar AKUISI.

    Astukah Resti Dirindari
    PW kepri.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *