Guru Penggerak Diutamakan Unggul dalam ICT
* Intan Nur Fauziah Saputri
Pada tanggal 3 Juli 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemendikbud) Nadiem Makarim meluncurkan rangkaian Merdeka Belajar yang ke lima yaitu Guru Penggerak. Melalui video yang di-upload di media sosial resmi Kemendikbud RI, yang menjelaskan tujuan dari Guru Penggerak dalam konsep kurikulum merdeka yang telah dirangkai olehnya. Guru Penggerak merupakan suatu program Kemendikbud sebagai pelatihan dan pembibitan calon pemimpin-pemimpin pendidikan Indonesia di masa depan. Program ini bertujuan untuk memenuhi konsep pengajaran yang memberikan kontribusi positif sehingga melahirkan generasi muda penerus bangsa yang unggul dan berkualitas nantinya.
Melalui program tersebut diharapkan mampu berjalan sesuai harapan serta membawa pendidikan di Indonesia semakin maju dan berkembang. Seperti yang kita semua mengetahui, bahwa jika ingin meningkatkan kualitas siswa maka terlebih dahulu harus meningkatkan kualitas tenaga pendidiknya atau guru. Karena tenaga pendidik ataupun guru menjadi tonggak utama dari kegiatan belajar mengajar. Adanya Program Guru Penggerak dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan para guru demi memenuhi konsep kurikulum Merdeka Belajar.
Konsep Merdeka Belajar ternyata juga memerlukan beberapa pemenuhan kebutuhan sesuai dengan perkembangan teknologi. Oleh sebab itu diperlukan adanya nilai-nilai unggulan yang wajib bagi guru penggerak salah satunya adalah pengimplementasian teknologi kepada para pelajar. Hadirnya Revolusi industri 5.0 menuntut setiap individu untuk mampu mengaplikasikan teknologi tidak terkecuali seorang guru.
Maka dari itu peran pendidik diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan teknologi. Khususnya dengan mengutamakan mampu unggul dalam ICT (Information and Communication Technology). ICT merupakan teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi, menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Cakupan ICT meliputi dua aspek, yakni teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
Di dalam dunia pendidikan ICT menduduki peran penting sebagai tool atau perangkat dari keberjalanan pendidikan saat ini. Penggunaan ICT secara baik diharapkan mampu untuk membantu lembaga pendidikan terutama sekolah yang mengusung konsep teknologi. Salah satu contoh penerapan ICT dalam pendidikan ialah guru penggerak diharapkan mampu memberikan pengajaran melalui aplikasi online dan pemberian modul berupa e-book sebagai sebuah sarana pendukung pembelajaran. Bukan hanya ICT digunakan untuk penyelenggaraan ujian yang dilakukan secara online. Melalui hal kita sepakat bahwa ICT mampu memudahkan aktivitas belajar mengajar di sekolah.
Selanjutnya tantangan apa yang akan dihadapi seorang guru penggerak apabila tidak dapat menguasai teknologi saat ini. Kita semua akan mengakui bahwa tanpa adanya dukungan teknologi proses belajar mengajar menjadi kurang maksimal. Siswa akan tertinggal jauh dalam pendayagunaan ICT di bidang pendidikan. Bisa jadi akan semakin tertinggal dari percaturan dunia yang sudah menggunakan teknologi yang serba canggih.
Selain tantangan terdapat juga kendala-kendala di dalam penerapan ICT di bidang pendidikan, seperti penyediaan komputer yang terbatas, koneksi yang belum merata hingga ke pelosok karena terlalu luasnya Indonesia, sehingga penerapannya ICT belum merata di berbagai daerah. Maka sebab itu apakah mungkin sebuah guru penggerak mampu menerapkan pembelajaran dengan ICT ?, Maka diperlukan upaya khusus yang mengelola pembelajaran berbasis teknologi. Dengan cara mengajarkan hal terkecil kepada pelajar seperti penggunaan cara mengaktifkan komputer, penggunaan aplikasi perkantoran (software pengolah kata, angka, ataupun prestentasi) dan aplikasi offline lainnya yang mampu memberikan pembelajaran komputer meskipun dilakukan secara bergantian (karena perangkat tidak mencukupi) dan atau tanpa menggunakan dukungan internet.
Di sinilah perlunya kompetensi seorang guru penggerak yang mampu menciptakan karya inovatif dalam pembelajaran ICT dengan minim fasilitas dan tidak memadai. Maka dari itu peran penting guru penggerak dalam pengimplementasian ICT harus dilaksanakan, agar mereka mampu mendukung program pemerintah mengenai konsep Merdeka Belajar yang efektif dan efisien serta berbasis teknologi.
Sehingga dengan unggulnya penerapan ICT bagi guru penggerak diharapkan mampu mendayagunakan ICT kepada pelajar melalui ini diharapakan akan memberikan dampak positif terutama untuk memudahkan pekerjaan manusia melalui implementasi teknologi dan sistem informasi. Selain itu mampu mempercepat dan mengefektifkan proses belajar mengajar, meningkatkan efisiensi, dan mampu meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia) nantinya.
*Alumni MAN 1 Pasuruan, Calon Mahasiswa Universitas Airlangga Jurusan Keperawatan
1 Comment
Penerimaan ICT oleh guru dan untuk murid tanpa dibarengi dengan kesiapan sarana dan prasarana akan kurang maksimal dan memunculkan masalah baru.