BELAJAR SEJARAH DI MUSEUM TIMAH INDONESIA, MENGASYIKKAN

Oleh : SUSAN ANGGRAINI, S.Pd

Sejarah dipahami sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia. Sejarah merupakan ilmu yang bersifat kronologis, artinya ilmu yang mempelajari suatu kejadian sesuai dengan urutan waktu terjadinya. Sejarah adalah ilmu yang membuat seseorang dapat berpikir secara diakronik dan sinkronik.

Berpikir diakronik ialah pemikiran yang memanjang dalam dimensi waktu dan setiap unit saling berhubungan sebab akibat. Berpikir sinkronik merupakan cara berpikir yang meluas dalam dimensi ruang dan sistemnya terstruktur sesuai dengan peristiwa yang terjadi.

Selain itu suatu peristiwa dapat dikatakan sebagai sejarah apabila telah dicatat oleh seorang ahli sejarah. Kemudian dibukukan berdasarkan sumber yang dapat dipercaya, dilengkapi dengan bukti-bukti sejarah. Berkaitan dengan ini, tidak semua cerita dapat dikatakan sejarah, untuk menjadikan sesuatu menjadi sebuah cerita sejarah, maka perlu adanya penulisan atau catatan sejarah.

Setiap orang ingin namanya selalu dikenal dan dikenang oleh orang banyak pada masa yang akan datang. Oleh sebab itu, seseorang harus rmenulis dan menghasilkan sebuah karya. Seorang imam besar dalam sejarah Islam bernama Al Ghozali mengatakan “Kalau engkau bukan anak raja dan bukan anak ulama besar maka menulislah”. Sehubungan dengan hal ini penulis ingin menuliskan pengalaman menarik saat mengajarkan pelajaran sejarah, semoga dapat memberikan manfaat bagi rekan guru semua.

Penulis mengajar sejarah di SMK Negeri 2 Pangkalpinang, banyak hal yang telah ditemui dan dijalani berkaitan dengan tujuan untuk mencerdaskan siswa-siswa di sekolah. Dalam pembelajaran secara keseluruhan materi pelajaran sejarah berupa teori, sedangkan pada sekolah kejuruan para siswa lebih banyak belajar pelajaran produktif sesuai dengan jurusannya.

Hal ini menuntut penulis harus dapat membuat pembelajaran sejarah tidak membosankan bagi siswa. Penulis harus mampu melaksanakan metode yang tepat, sehingga tercipta pembelajaran yang bebas dan menyenangkan bagi siswa sesuai dengan kurikulum merdeka belajar.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim, B.A., M.B.A telah mencanangkan kurikulum merdeka belajar yang bertujuan untuk memberikan kebebasan berpikir kepada siswa secara kreatif, mandiri, dan bertanggung jawab dalam pembelajaran. Dengan kebebasan berpikir tersebut diharapkan siswa dapat berkembang dengan baik sesuai keinginannya dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Guru sebagai fasilisator harus memberikan rasa aman dan nyaman dalam pembelajaran, sehingga tercipta pembelajaran yang menyenangkan. Mengajar sejarah suatu tantangan bagi penulis, agar dengan menerapkan kurikulum merdeka belajar dapat memberikan sesuatu yang berkesan bagi siswa. Merdeka belajar merupakan solusi pembelajaran bagi siswa agar memiliki kesempatan dalam berkreasi, berinovasi, mandiri dan bertanggung jawab untuk mengatasi tantangan permasalahan yang diberikan guru.

Pada materi perlawanan rakyat dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia, penulis menjelaskan perlawanan yang dilakukan rakyat Indonesia saat melawan penjajah. Perlawanan itu dilakukan dengan dua cara, yaitu berperang angkat senjata melawan penjajah secara langsung dan berjuang melalui meja perundingan. Beberapa perundingan telah ditempuh untuk mencapai kesepakatan dengan penjajah, misalnya Perundingan Linggarjati, Perundingan Renvile, Perundingan Roem Royen dan Perundingan KMB.

Berkaitan dengan perundingan tersebut, ternyata di Pangkalpinang pernah terjadi sebuah peristiwa besar dan menarik. Peristiwa itu adalah persiapan pra perundingan Roem Royen tahun 1948-1949. Saat itu Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta di asingkan di Pulau Bangka. Tempat persiapan pra perundingan Roem Royen yang pernah dilaksanakan pada masa itu, sekarang ini ternyata telah dijadikan sebagai bangunan Museum Timah Indonesia.

Sumber foto : explorebabel.com

Menurut kepala Museum Timah Indonesia, Taufik, mengatakan museum yang terletak di jalan Ahmad Yani no. 179 kota Pangkalpinang, didirikan pada tahun 1958, sedangkan peresmian menjadi Museum Timah Indonesia-Pangkalpinang diadakan pada tanggal 2 Agustus 1997. Sebelumnya gedung ini adalah bangunan milik Banka Tin Winning (BTW), yang merupakan badan usaha milik pemerintah kolonial.

Museum Timah Indonesia ini merupakan sebuah museum khusus yang menceritakan tentang teknologi pengolahan timah di Bangka Belitung sejak zaman dahulu hingga sekarang, juga menceritakan sejarah perkembangan lada putih dan perjuangan rakyat serta perkembangan sosial budaya masyarakat Bangka.  Museum ini juga memberikan manfaat penting dalam dunia pendidikan dan pariwisata. Dari segi pendidikan sebagai sumber ilmu pengetahuan bagi siswa, dan dari pariwisata menjadikan salah satu destinasi tujuan wisata di pulau Bangka.

Dalam proses pembelajaran sejarah penulis ingin memperkenalkan secara langsung kepada siswa tentang Museum Timah Indonesia. Penulis menerapkan model pembelajaran Out-Class atau belajar di luar kelas guna mengembangkan kreativitas siswa. Dengan mengunjungi museum secara langsung tentunya dapat menambah pengalaman belajar yang mengasyikkan bagi siswa. Saat berada di dalam museum siswa mendengarkan dengan seksama penjelasan dari petugas museum tentang sejarah museum, peristiwa pra perundingan Roem Royen, serta mengenal proses pengolahan timah sejak zaman dahulu secara tradisional sampai modern. Para siswa dapat mencatat semua informasi yang telah disampaikan untuk melengkapi tugas yang diberikan guru.

Terpancar rasa bangga yang berkobar di dalam dada siswa setelah mengunjungi museum sebagai tempat bersejarah di kota kami. Banyak hal yang telah didapatkan siswa dengan belajar mengunjungi Museum Timah Indonesia. Berbagai ilmu pengetahuan telah didapatkan selama pembelajaran sebagai modal mengembangkan kemampuan siswa untuk bekal di masa yang akan datang. Belajar di Museum sangat mengasyikkan bagi siswa, sehingga kebebasan siswa berkreasi dan berinovasi dapat tercapai sesuai dengan merdeka belajar.

Kebijakan merdeka belajar adalah untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skill, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan yang unggul dan berkepribadian. Merdeka belajar yang dicanangkan pemerintah memberikan pengalaman belajar yang bebas, menyenangkan, dan mengasyikkan bagi siswa.

Tujuannya untuk menciptakan peserta didik yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Siswa yang sesuai dengan Profil pelajar Pancasila adalah beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Sehingga generasi muda yang hebat sebagai penerus perjuangan bangsa dalam membangun dan  mengisi kemerdekaan Indonesia.

PROFIL PENULIS

Profil penulis 

Nama : Susan Anggraini, S.Pd

TTL     : Pangkalpinang, 20 Oktober 1980

Tempat bertugas : SMK Negeri 2 Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Email:susan.anggraini17@gmail.com

Blog : https://susansukses.blogspot.com/

Hp : 081367697870

Spread the love

Yudhi Kurnia

redaksi@satuguru.id

Related post

83 Comments

  • Mantap, penjelasannya makin menambah wawasan dalam sejarah Bangka Belitung. Tulisannya lugas dan kreatif. Lanjutkan

    • Terima kasih atas motivasi nya ay…

  • keren penyajian tentang museum timahnya, ma 👍🏻👍🏻

    • Terimakasih sayang…

      • samasama ma

  • Guru inspiratif dan kreatif. Mantap.

    • Terima kasih Bu sayang…

  • Suatu pengalaman yang berharga dari pengalaman tersebut kita ukir di sebuah gawai yang akan kita ingat sampai kapan pun. Semangat untuk ibu Susan

    • Terimakasih Gusti, semoga Gusti selalu konsisten dalam Berliterasi

  • Salut dengan bu guru satu ini selalu rajin menulis, kisah yang menarik, lanjutkan untuk terus menulis

    • Terimakasih sayang…. semoga Delvi juga sukses selalu

  • masyaAllah tulisannya luar biasa, semangat terus 🤗

  • semangat dan konsisten

    • Alhamdulillah say… Terimakasih ya… Kita selalu semangat ya

  • sangat menarik

    • Terimakasih jona

  • Suatu pengalaman yang berharga dari pengalaman tersebut kita ukir di sebuah gawai yang akan kita ingat sampai kapan pun.dan juga guru inspiratif dan kreatif.

    • Terimakasih robby

    • Mantap Bu, Keren Bu, Semangat Bu. Bismillah Valerin Dia Nova X TO 2

  • Mntap bu

    • Makasih ghinda

  • keren bu… Penjelasan nya mudah dipahami…, tetap semangat menulisnya bu… 👍🏻

    • Semangat selalu zahid

  • semoga labih meluas menulis ny bu

    • Terimakasih Syahrul..

  • keren bu, semangat menulisnya

  • bagus sekali ibuu ✨

  • keren tulisannya, bu

  • sangat cocok untuk yang ingin menambah pengetahuan mengenai museum timah 👍🏻👍🏻

  • memang benar buku merupakan jendela dunia, walaupun karya ibu bukan buku muncul banyak dunia yang bisa dilihat

  • terimakasih ilmunya, ibu 🙏🏻🙏🏻

  • semoga saya bisa mengunjungi museum timah yang menarik di karya ibu ya,bu

  • mantap Bu, semoga menang ya bu

  • semoga karya mama juara 1 lomba ya maa aamiin 💗

    • aamiin ya allah

    • Aamiin… terima kasih sayang..

  • karyanya sangat bermanfaat, bu

    • Terima kasih bu

  • keren sekali Bu, rasanya ingin berkunjung ke museum timah ☺️

  • 😊😊

  • saya suka bahasa tulisan ibu, Bu, tidak berbelit-belit

  • semangat ate, semoga karya ate membuat ate semakin sukses aamiin 🤍🤍

  • saya setuju dengan pendapat yang mengatakan bahasa ibu mudah dimengerti , semangat terus Bu 👍🏻👍🏻

    • 👍🏻👍🏻

  • saya menjadi semakin tertarik dengan museum timah setelah membaca karya ibu 👍🏻

    • Terima kasih Ali…

  • saya sangat senang membaca karya ibu mengenai museum timah

    • Terima kasih Mizan…

  • sangat keren sekali karyanya, bu. tidak membosankan

  • rasanya setelah membaca karya ibu radja ingin ke museum timah sekarang 😁

  • saya suka cara ibu menjelaskan museum timah, semoga juara 1 ya Bu 💪🏻

  • Husnul suka bacanya Tante, semoga juara 1 ya tantee semoga Allah mudahkan aamiin 🤲🏻

  • saya teringat dengan arti nama saya setelah membaca karya ibu, membuat saya tenang seperti di malam hari. arti nama saya malam 🙂

  • saya tidak bisa memberikan tanggapan karena keren sekali 👍🏻👍🏻 jangan tanya apa tanggapan saya yaa hihi

  • karya ibu mengingatkan saya betapa pentingnya suata tempat bersejarah , keren Buu

  • selain menulis itu mengasyikkan, membaca itu juga mengasyikkan 😁😁

  • Semangat maaa, bagusss semoga juara maaa

  • mantap bu semangat

  • Semangat bukk….😊😊

  • Mantapp bukk…👍👍

  • Mantapp bukk..👍👍
    Semangattt….😊😊😊

  • mantap buk😘😘😘

  • sangat bagus bu sangat menginspirasi semangat bu , sayang ibu😘

  • Keren sejarah museum timah dan pengasingan bung Karno 👍👍

    • Terima kasih Bu .

  • Wow, mantap! Teruslah berkarya.

    • Terima kasih pak 🙏🏻

  • Keren tulisannya Bu

    • Terima kasih Ibnu

  • mantapp bu

  • Waduhhh bu, saya penggemar berat muu

    • Terima kasih Aan…

  • Sangat bermanfaat sekali bu

    • Siap Ramadani… Kita harus semangat

  • Keren bingitzz

    • Terima kasih Nafis..

  • Alhamdulillah…tulisannya semakin oke, semoga selalu membaik dan menarik dari waktu ke waktu…selamat mamanya keponakanku…diva dan Davina……Davina anaknya mama Susan……pansos ya dhek.

    • Terima kasih bunda…

  • Sangat menginspirasi. Mantap buk.
    Sukses terus, teruslah menginspirasi.

  • Sang motivator dan inspirator SMK negeri 2 pangkal pinang.sukses terus pokonya..

  • Kereen. Sangat inspiratif.
    Semoga selalu menjadi guru yang menginspirasi ya Bu Susan

    • Terima kasih Felly…

  • Mantap Bu, bermanfaat sekali artikelnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *