Manajemen dan Kepemimpinan Madrasah
Aktivitas manajemen mencakup spektrum luas, dimulai dari menentukan arah organisasi, menciptakan kegiatan organisasi, mendorong terbinanya kerjasama, serta mengawasi kegiatan.
Manajemen memiliki peranan strategis, terutama un- tuk membantu pencapaian tujuan dalam mendayagunakan peralatan, lahan, kan- tor, produk, pelayanan, dan hubungan manusia dalam organisasi. Kepemimpin- an pendidikan di madrasah dilandasi konsep demokratisasi, spesialisasi tugas, pendelegasian wewenang, profesionalitas, dan integrasi tugas. Kepemimpinan yang berlangsung pada lembaga pendidikan berarti menjalankan proses kepe- mimpinan yang sifatnya mempengaruhi sumber daya personel pendidikan. Ma- najemen madrasah dan pelaksanaan kepemimpinan di madrasah diharapkan mampu mensinkronkan berbagai input atau mensinergikan semua komponen dalam proses pembelajaran, baik antara guru, siswa dan sarana pendukung di kelas dan di luar kelas. Selegkapnya dapat diudah disini.