Ruang Kelasku Berpindah ke Media Sosial saat Pandemi Covid-19

s.id/kanalsatuguru

Oleh : Maria Susana Embu, S.Pd

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, dan salah satunya negara Indonesia menjadi salah satu bencana virus terbesar yang dialami sejak tahun 2019 dan memakan banyak korban, sehingga meninggalkan duka yang mendalam bagi seluruh dunia. Segala aktivitas manusia dihentikan agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus korona, baik itu kegiatan keagamaan, perkantoran, perekonomian dan juga dunia pendidikan.

Sejak pertengahan Maret 2019, virus korona ini juga masuk ke kota kecil kami, yang terletak di ujung timur Indonesia. Dengan sigap pemerintah mengumumkan agar semua aktivitas yang dilakukan di luar rumah dihentikan. Sekolah-sekolah tak terkecuali, diumumkan untuk belajar di rumah dan melakukan kegiatan pembelajaran secara daring.

Sebagai guru kelas 1 sekolah dasar (SD), saya tentunya merasa panik dengan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan secara daring, karena saya sendiri termasuk guru yang gaptek dan kurang mengikuti perkembangan kemajuan teknologi. Jika seperti ini, bagaimana cara saya agar dapat memberikan pembelajaran secara daring?  Pembelajaran seperti apa yang harus saya berikan kepada siswa kelas 1 SD? Beberapa hari selama libur saya berpikir keras untuk dapat memecahkan masalah yang saya hadapi.

Pada awal kegiatan pembelajaran daring, saya hanya mengirimkan foto materi kepada orang tua siswa dan beberapa soal latihan melalui media whatsaap, kemudian orang tua akan mengirimkan kembali hasil pekerjaan siswa kepada saya untuk dinilai. Seminggu setelah pelaksanaan pembelajaran melalui whatsaap, saya mulai merefleksikan kelebihan dan kekurangan yang dialami selama pembelajaran melalui media whatsaap. Saya sadar media whatsaap sangat tidak membantu perkembangan pembelajaran bagi siswa kelas 1 SD dan memaksa orang tua untuk mengajarkan anaknya dengan materi pembelajaran yang sudah lama mereka tinggalkan dan banyak dari mereka mengeluhkan tidak tahu mengajarkan anaknya dengan materi pembelajaran yang saya kirimkan. Saya kemudian membuat rapat bersama orang tua untuk membicarakan bagaimana cara memberikan pembelajaran kepada siswa di masa pandemi ini, dan kami sepakat kegiatan pembelajaran dikirimkan melalui link youtube, karena jika dilakukan dengan zoom tidak semua orang tua memiliki gawai dan waktu, untuk menemani siswa karena mereka harus bekerja.

Dari sinilah saya mulai merubah pola pikir saya untuk terus belajar dan berusaha menggunakan aplikasi media sosial  sebagai sumber belajar bagi siswa. Saya kemudian meminta salah satu rekan guru di sekolah saya yang pandai mengedit video untuk mengajarkan saya cara pengeditan dan penggunaan aplikasi yang dapat saya gunakan untuk membuat video pembelajaran. Saat itu saya dikenalkan dengan aplikasi kinemaster. Pada awalnya, saya merasa sangat menguras tenaga, waktu, pikiran, dan biaya saat belajar menggunakan aplikasi kinemaster. Namun setelah tahu saya semakin semangat untuk terus belajar agar mampu menggunakan aplikasi pengeditan video pembelajaran bagi siswa dan juga membuat chanel youtube untuk mengirimkan video pembelajaran.

Manfaat yang saya dapatkan dari pembelajaran penggunaan aplikasi pengeditan video pembelajaran, adalah saya mampu memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, karena kegiatan pembelajaran yang saya berikan kepada siswa saya rekam langsung, kemudian saya kirimkan melalui media youtube dan kemudian saya bagikan kepada orang tua melalui whatsaap, facebook, dan telegram.

Kelas media sosialku, menjadi tempat belajar setiap hari bersama siswa. Setiap hari saya selalu menanyakan kabar siswa saya dan menanyakan bagaimana perasaan mereka setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan video pembelajaran yang saya berikan. Banyak dari siswa merasa senang karena video yang saya berikan cukup menarik bagi mereka dan tugas yang saya berikan selalu berkaitan dengan kegiatan mereka di rumah selama masa pandemi dan disesuaikan dengan materi pembelajaran.

Saya tidak akan pernah berhenti belajar dalam penggunaan IT dan pengembangan media belajar, sebab hal ini dapat memberikan semangat belajar bagi saya dan mampu mengembangkan diri saya dalam mengembangkan profesi saya sebagai pendidik. Saya bersyukur, karena di masa pandemi ini saya banyak belajar untuk menjadi guru yang kreatif, dan berinovasi dalam merancang pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Saya juga mulai aktif mengikuti pelatihan-pelatihan peningkatan mutu guru yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan melalui SIM PKB dan juga pelatihan-pelatihan online agar saya dapat mengikuti perkembangan zaman yang terjadi saat ini.

Spread the love

Yudhi Kurnia

redaksi@satuguru.id

Related post

15 Comments

  • Sangat menginspirasi Tetap semangat dlam Belajar dan dalam mendidik Siswa-Siswa.

  • Mantap ibu guru,, terus berkarya dan sukses selalu dlm memajukan pendidikan di kota Merauke.

  • Luar biasa pengalaman ibu, terlebih lagi ibu selalu belajar dan belajar untuk pengembangan potensi diri sebagai guru.

  • Pengalaman yang sangat luar biasa ,karena saya sendiri merasakan dampaknya ,kaka ibu terbaik,dengan semangatnya untuk menjadi guru yang kreatif dan juga tidak pelit ilmu suka berbagi akhirnya saya pun tertular dari ibu guru yang satu ini.luar biasa semangat dan motivasinya .terus belajar dan terus berinovasi kaka ibu untuk pendidikan di indonesia dan ditanah animha ini kaka ibu

  • Semangat …luar biasa pengalamannya …sungguh kalo semua guru di Indonesia memiliki jiwa dan kemauan untuk mengembangkan diri demi anak didiknya …seperti ibu…maka ke depan pendidikan Indonesia terkhusus yg di Papua tidak mengalami loss learning …salam perubahan …..

  • Luarrr biasa….bu susan adalah guru yang memiliki segudang kreatifitas πŸ‘

  • Luar biasa ibu guru susan semangat untuk trus belajar semoga menjadi guru teladan dan contoh yg baik bagi murid2 dan menjadi guru yg di kenang murid kelak πŸ™πŸ˜‡

  • Sungguh sangat kreatif bu, dimana di masa pandemi anak anak masih bisa di beri kesempatan untuk belajar walaupun dengan pembelajaran online. Tergerak untuk mencerdaskan anak banga ,,,semangat selalu buπŸ™

  • Luar biasa, keren !
    Terima kasih Ibu guru telah membuka diri utk terus belajar dan berkembang demi kebaikan anak didik di tengah pandemi. Pasti sulit, tp Ibu guru membuktikan bahwa sulit bukan berarti tidak bisa. Smg semangatnya tdk pernah padam, terus berkembang dan memajukan dunia pendidikan.
    Sehat terus Ibu Susan πŸ™πŸ™

  • Kereeeen. Berkat pandemi, memunculkan banyak kreatifitas melalui literasi digital. Sukses selalu bu guru.

  • Mantap adek guru, multitalent

    • Semangat, mantap dan sukses bu guru susan memiliki multitalenta dan banyak kreatifitas. Luar biasaπŸ‘πŸ™

  • Mantap Bu… Sangat inspiratif untuk pengembangan metode pendidikan. Tetap semangat untuk selalu berkarya…

  • Mantap…,semangat adek guru

  • Sy adalah orang tua murid yg saat itu panik dg proses pembelajaran anak sy yg dilakukan secara online,tapi setalah melihat video pembelajaran yg ibu guru buat di channel YouTube sangat terbantu sekali dalam mendampingi anak sy di rumah. Anak sy juga senang Krn videonya sangat menarik dan tidak monoton. Malah kami orang tua jd tertantang membuat video hasil pembelajaran anak kami dan dimasukkan dalam channel YouTube anak kami. Terimakasih ibu guru utk kreativitas yg tiada henti….menjadi inspirasi bagi kami juga,bahwa ditengah setiap tantangan pasti ada jalan keluar. Semangat selalu ibu ….πŸ’ͺπŸ‘πŸ‘

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *