GURU SEBAGAI JEMBATAN KESUKSESAN BANGKIT INDONESIAKU 114

Penulis :Sri Wulandari


Sebagai pendidik mampu mengenali karakter dan kebutuhan murid.  bagaimana cara kita memaknai dan menghayati  pribadi kita sebagai manusia yang merdeka  untuk terus belajar, karena kita tahu diera 4.0 murid – murid kita memiliki cara, gaya sendiri dalam menerima pembelajaran, menjadikan internet sebagai sumber ajar yang utama dan mereka bisa menjangkau pengetahuan sekalipun kita tidak mengajarkan. Walaupun demikian murid-murid masih membutuhkan pendididik  untuk menuntun,  prilakunya menjadi lebih baik, Karena sejatinya guru tidak bisa digantikan oleh kecanggihan teknologi zaman sekarang. Mengingat  bagaimana kita menjadi guru,  mengerti kebutuhan murid seperti apa, menjebatani bagaimana caranya agar mencapai tujuan  dari merdeka belajar dalam mendidik murid menurut ki hajar dewantara . Memotivasi untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Membuat kelas bersama murid  lebih terasa hidup dan menyenangkan  boleh dikata gampang-gampag susah. Ada yang bilang susah,ada juga yang bilang gampang semua tergantung dari teknik kita mengajar sebagai seorang guru.
 1. Salah satu caranya menggunakan berbagai metode belajar yang menarik 
2.Memotivasi murid meningkatkan semangat belajar adalah semangat ini harus dimiliki oleh gurunya terlebih dahulu, karena suasana kelas gurulah  sebagai pelaku utama. 
Dari kelas belajar menulis dengan didampingi founder hebat bapak wijaya kusuma atau lebih dikenal dengan panggilan Om Jay. Dimulai dari sinilah saya pribadi mengenal tentang perlunya guru untuk selalu belajar sepanjang hayat, selalu belajar berinovasi dan mampu  memanfaatkan teknologi tepat guna sehingga guru mampu meninggalkan rekam jejak dalam dunia digital seperti sekarang ini. 
3.Mengingatkan kembali cita-cita murid kita kedepannya seperti apa, memberi arahan, memberi gambaran begitu sangat pentingnya sebuah cita-cita yang hadir dalam diri mereka sendiri. Dari situlah jika mimpi mereka dipupuk sedari ini, insyaallah semua akan terarah dengan baik kedepannya dan tidak lepas dari peran orang tua dirumah, jadi perlunya kolaborasi antara murid, guru dan orang tua agar tujuan anak sekolah itu sudah ada, setidaknya jika dipupuk, diwejangi, diarahkan minat dan bakatnya  insyaallah murid didik kita akan menjadi lebih baik dan mampu mewujudkan merdeka belajar yang sesungguhnya sesuai dengan norma-norma agama dan menjembatani dengan perisai Al-Qur’an Insya Allah  selamat dunia akhirat. Diharapkan Teknologi ada dalam genggaman dan mampu menjadi pengendali Teknologi yang tepat guna. 
Banyak sekali informasi yang sangat menarik dan bermanfaat  di kanal SatuGuru, jika tertinggal silahkan klik link di bawah ini.
https://s.id/kanalsatuguruhttps://i.ytimg.com/vi/At0zrJ4GboM/0
https://youtu.be/AyoH_LEcA6khttps://youtu.be/DEyuno8CF44
https://i.ytimg.com/vi/DEyuno8CF44/0https://youtu.be/LIyxWW0xSZA
Berbicara tentang mengajar itu menyenangkan, tidak luput dari rasa dalam diri pendidik itu sendiri, karena kita para pendidik masing- masing memiliki cerita yang berbeda- beda. Mari kita selalu berinovasi, mampu memanfaatkan teknologi dengan  mendukung kurikulum merdeka belajar.
Salah satu caranya  download platform merdeka belajar, aktifkan akun belajar.id, Platform merdeka Mengajar menawarkan berbagai fasilitas pembelajaran dengan mengerjakan tugas yang telah diperintahkan  pada platform tersebut, setelah menyelesaikan pelatihan sertifikat otomatis akan terbit, biasanya masuk di e-mail akun belajar.id yang sudah aktif dan tersinkron secara otomatis.  
Tepat pada tanggal 20 mei 2022, indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional atau lebih dikenal dengan HARKITNAS ke- 114. Mari bersatu bersama SATUGURU kita bangkitkan semangat guru dalam diri kita dihari HARKITNAS menuju MERDEKA BELAJAR bersama PLATFOM MERDEKA MENGAJAR, PROGRA GURU PENGGERAK dan program lainnya yang diluncurkan oleh KEMENDIKBUD RISTEK.
Semoga HARKITNAS KE-114, diharapkan tujuan untuk mampu  dan terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong royong masyarakat indonesia, agar kita mampu bangkit dari sengala keterpurukan  selama pandemi covid -19, mari bangkit bersama, bangkit indonesianku bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. BHINNEKA TUNGGAL IKA berbeda- beda namun tetap satu juga yaitu PANCASILA.

Profil Penulis 


          Sri wulandari, S.Si adalah seorang guru pendidik,yang merupakan staff pengajar di  SDN Sapeken 2,yang alhamdulillah lulus  ASN PPPK 2021, Berdarah jawa dan bajo, ibu asal tuban senori jawatimur, bapak  orang bajo sapeken jawatimur, tempat tinggalku di sebuah kepulauan  ujung sumenep  jarak tempuh 1malam setengah hari tepatnya, untuk sampai ke lokasi kami, menggunakan kapal laut, jika memakai pesawat jarak tempuh  kurang lebih 30 menit.  Berdomisili di Desa sapeken, kamp.bukut Rt/Rw 003/Rw 004, karangkongo, kec sapeken, kabupaten sumenep, provinsi Jawa Timur. Bahasa sehari hari kami mayoritas bahasa Bajo, bugis, mandar, sebagian kecil bahasa madura dan jawa.
Pendidikan terakhir di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jogjakakarta (UIN SUKA), Fakultas Saintek, Jurusan Biologi.Status sudah menikah, memiliki suami yang bekerja di Cruise  Ship, Serta memiliki 2 anak ganteng juga cantik lahir dikota gudeg. Penulis tepatnya genap berusia 36 tahun
Karya- karya Antologi :
1. Melati Ditaman Hati
2.Gebrakan Motivator Literasi Digital 
3.Menumbuhkan Budaya Literasi di Masa Pandemi
4.Melejitnya Potensi Menulis
Email :1.gurumudabelajar.85@gmail.com2.aisyahewamandiri@gmail.comFb: Sri Ayu WulanInstagram: wulandarisri7Youtube : Wowowulan-chhttps://www.kompasiana.com/sriwulandari6500https://swulandarigawaikucoretankugmld21.blogspot.com

Spread the love

Yudhi Kurnia

redaksi@satuguru.id

Related post

24 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *