Fokus adalah Kunci Lewati Hari agar Berarti

Home » Fokus adalah Kunci Lewati Hari agar Berarti
photo-1434030216411-0b793f4b4173
Sumber : cukbg.com

Hampir di semua bidang pekerjaan fokus dalam bekerja adalah sangat penting. Seorang guru profesional pun seharusnya sudah mampu mengatur ritme fokus dalam bekerjanya di sekolah ataupun di rumah.

Fokus menjadi satu hal yang akan mampu mengefesienkan waktu bagi siapapun dalam bekerja. Cal Newport dalam Bukunya menjelaskan bahwa dalam kesungguhan dalam bekerja (deep work) memerlukan fokus yang tinggi. Deep work memerlukan perhatian dan juga persiapan yang baik. Sudah banyak contoh yang dijelaskan dalam buku tersebut terkait tokoh-tokoh yang sukses dalam karier yang menerapkan pola deep work ini.

Menjauhkan gadget bagi makhluk sosial di zaman ini sangat sulit sekali. Orang-orang sudah banyak bergantung dengan benda pintar satu ini. Padahal gadget tersebut katanya menjadi satu pemecah konsentrasi yang sangat berbahaya. Bahkan, orang akan kehilangan fokus karenanya.

Di dalam sebuah buku karangan Bernadetta W.K.,M.M dan Tini K, yang berjudul Simple Morning Briefing @work (2014), terdapat satu bab khusus yang diberi judul Fokus, Fokus, Fokus.

Dalam tulisannya dijabarkan bagaimana tips agar bisa mampu fokus dalam bekerja. Diantaranya :

  1. Abaikan semua yang dapat mengalihkan perhatian kita, misalkan saja menutup semua social media saat bekerja, Social media sunguh menjadi pengalih perhatian yang sempurna, apalagi bila kita mengikuti tweetwar di Twitter atau perang komen di Facebook. Tutup semua aplikasi yang bisa mengalihkan perhatian kita di komputer.
  2. Ambil napas dalam-dalam dan mulailah fokus pada apa yang ada di hadapan kita.
  3. Mendengarkan musik juga bisa membantu kita fokus. Bila kita takut terganggu dengan suara bising atau obrolan di sekitar, kita bisa memasang headset dan mendengar musik melalui headset.
  4. Selalu jalankan kegiatan sesuai dengan apa yang sudah kita jadwalkan, baik kegiatan dan rentang waktunya. [*]

Demikian beberapa hal terkait menjadi fokus dalam bekerja. Semoga denga artikel sederhana ini para rekan guru sekalian bisa untuk terus menjaga fokus agar mampu menghasilkan karya-karya dalam mendidik para generasi bangsa di masa yang akan datang. (yk)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Image 2022-05-09 at 3.21.50 PM