Guru Inovatif Berasal Dari Guru Inisiatif

Home » Guru Inovatif Berasal Dari Guru Inisiatif
photo-1434030216411-0b793f4b4173

Langkah awal yang yang menginisiasi senantiasa akan berdampak besar. Apapun itu bentuknya. Dalam hal ini, kita membicarakan tentang bagaimana seorang figur guru yang mau menggali potensi-potensi dalam dirinya dalam mendidik, di luar kurikulum ketok palu. Guru yang berinisiatif besar juga menunjukkan bahwa dirinya selalu bersuka cita melayani setiap anak didiknya.

Mereka, anak didik, adalah anak-anak yang seyogianya terus bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dengan keunikan yang mereka miliki. Inilah yang menjadi dasar terketuknya hati para pendidik.

Menjadi seorang guru yang profesional di era sekarang ini tidak lagi mudah sebaliknya membutuhkan perjuangan yang lebih dan bisa jadi semakin sulit dengan adanya perkembangan zaman yang senantiasa bertumbuh terutama dalam sisi teknologi. Guru dituntut untuk senantiasa selalu beradaptasi dan berinisiatif dalam meningkatkan kompetensi profesionalismenya. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) maupun tuntutan perubahan dengan Program Sekolah Penggerak (PSP) dan “Merdeka Belajar” maka di masa depan diprediksikan akan semakin banyak tuntutan perubahan.

Upaya meningkatkan kapasitas guru dapat dilakukan dengan berbagai cara. Termasuk belajar dari sesama teman guru yang memiliki kemampuan lebih baik.

Seperti yang sudah kita ketahui, banyak sekali inovasi-inovasi di dunia ini tercipta berawal dari sebuah tindakan inisiatif. Begitu pula yang terjadi pada pendidik. Walaupun gaung inovasi para pendidik di Indonesia tidak seramai dan seheboh para penggiat fashion misalnya, namun sebenarnya banyak sekali para tokoh pendidik yang hebat, bahkan sampai mendunia yang juga masuk dalam kategori guru yang berinovasi dan menginisiasi.

Banyak cara yang bisa dilakukan seorang guru sebagai upaya memperkaya ilmu inisiatif dalam rangka menyumbang inovasi-inovasinya. Salah satunya adalah dengan terus menimba ilmu. Ilmu yang bisa diambil dari para tokoh-tokoh pendidikan.

Indonesia adalah salah satu negara dengan kekayaan literasi. Banyak tokoh-tokoh pendidikan yang ide-idenya bisa dijadikan inspirasi. Mulai dari cara mengajar, cara mendidik, berbagai terobosan dalam dunia pendidikan, sampai perjuangan mereka dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Dari mereka, kita bisa banyak belajar tentang iklim pendidikan di tanah air dan bagaimana mereka menghadapinya. Mulai dari situ, kita bisa menyesuaikannya dengan era saat ini, menjadikan kita sebagai pendidik dan pengajar yang punya bekal mumpuni serta update dengan perkembangan jaman.

Tidak hanya di Indonesia, banyak juga tokoh pendidikan di luar sana yang bisa kita contek semangat dan inovasinya. Tinggal bagaimana caranya mengadaptasinya ke dalam kultur dan kurikulum di Indonesia. (tnp)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Image 2022-05-09 at 3.21.50 PM