Inovasi Pembelajaran Sains Berbasis Alam dan Lingkungan
Siswa yang mempelajari sains melalui pengalaman langsung akan lebih menghayati pelajaran sains itu sendiri.
Umpamanya dalam pelajaran sains biologi, melalui pengamatan tentang tumbuhan monokotil, siswa dibawa kelapangan untuk mengamati dan melakukan observasi mengenai ciri, morfologi dan fisiologinya dari tumbuhan monokotil tersebut. Jika fakta mengenai hal tersebut dibiarkan begitu saja, maka pengetahuan siswa tentang tumbuhan monokotil kurang bermakna. Setelah siswa melakukan observasi dan pengamatan langsung, kemudian mendiskusikan hasil observasi tersebut, maka pengetahuan siswa tentang tumbuhan monokotil akan lebih bermakna. Selengkapnyta dapat diunduh disini. (Sumber: http://eprints.iainsalatiga.ac.id)
1 Comment
Menjadi guru yang menyenangkan hal yang pasti di rindukan. Tetapi untuk mencapai proses itu tentu dibutuhkan kemauan untuk terus belajar.
Astukah Resti Dirindari
PW Kepri
Sdit Attaubah Batam