Kata PBB, Transformasi Sistem Pendidikan Ada Di Tangan Guru

 Kata PBB, Transformasi Sistem Pendidikan Ada Di Tangan Guru

Guru sangat vital dalam mengasah sumber daya terbesar setiap negara: daya pikir masyarakatnya. Dunia kita telah memasuki periode perubahan dramatis, seperti krisis iklim, revolusi digital, dan ketidaksetaraan yang meningkat. Lebih dari sebelumnya, orang membutuhkan keterampilan dan pengetahuan berkualitas tinggi dan relevan yang hanya dapat diberikan oleh sistem pendidikan yang terkelola dengan baik, mudah diakses, dan telah mengalami transformasi.

Namun, di atas segalanya, mereka memerlukan guru terbaik. Sayangnya, saat ini kita menghadapi kekurangan dramatis guru di seluruh dunia, dan jutaan guru kekurangan dukungan, keterampilan, dan pelatihan berkelanjutan yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan sistem pendidikan yang berubah dengan cepat.

Kita perlu menciptakan lingkungan yang memungkinkan guru menjadi penggerak perubahan dalam pendidikan, membantu para pelajar secara kritis mengarungi pengetahuan, dan memperoleh keterampilan yang dibutuhkan di dunia saat ini. Guru bukan hanya penghantar informasi, tetapi juga mitra aktif dan kolaboratif bagi para pelajar. Kebijakan yang mendukung kondisi kerja yang layak, gaji yang kompetitif, ruang bagi suara guru dalam pengambilan keputusan, serta peluang pengembangan dan inovasi sangat penting untuk menghargai dan menghormati profesi pengajaran.

Guru juga merupakan elemen utama dalam transformasi sistem pendidikan. Namun, guru tidak bekerja dalam hampa. Agar menjadi efektif, mereka memerlukan lingkungan yang kondusif dan dukungan sosial yang holistik untuk pekerjaan mereka. Pemerintah harus mengembangkan kebijakan ekonomi dan sosial yang mendukung pengajaran dan pembelajaran melalui pendanaan pendidikan yang memadai dan adil sepanjang hayat.

Kebijakan semacam itu harus memastikan bahwa orang tua dan keluarga memiliki waktu dan kapasitas untuk mendukung para pelajar, bahwa para pelajar memiliki akses ke gizi dan layanan kesehatan yang memadai, bahwa ruang belajar aman dan inklusif, bahwa lembaga pendidikan memiliki infrastruktur dan konektivitas yang memadai, dan bahwa profesi pengajaran menikmati status tinggi dan dukungan.

Itu semua bagian dari rekomendasi dari Panel Tingkat Tinggi Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Profesi Pengajaran. (isn)

Rekomendasi lengkap dapat diunduh disini

Spread the love

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *