SUMBER BELAJAR DAN KARAKTERISTIKNYA

Home » SUMBER BELAJAR DAN KARAKTERISTIKNYA
photo-1434030216411-0b793f4b4173
Sumber : mustarasngari.blogspot.com

*Muhammadi Rifqi Maulana et all

Proses kegiatan pembelajaran dalam dunia pendidikan adalah aspek penting yang dibutuhkan dalam proses kehidupan seseorang. Melalui pembelajaran, Anda dapat mempengaruhi perkembangan keterampilan akademik dan psikologis tiap-tiap orang dalam hidupnya. Pembelajaran adalah interaksi diantara pelatih dan peserta didik dan sumber belajar di dalam lingkungan belajar. Belajar mempunyai arti yaitu aktifitas dimana seseorang berusaha untuk mendapatkan sekumpulan pengetahuan dan keterampilan serta nilai-nilai positif melalui pemanfaatan dari segala bentuk sumber belajar.

Seels dan Richey menerangkan bahwa teknologi pendidikan ditandai dengan adanya pemanfaatan sumber belajar yang seluas-luasnya sebagai bentuk kebutuhan belajar, dan untuk mencapai hasil belajar yang seluas-luasnya,

Kita sangat sering mendengar tentang sumber belajar dan menemukannya di buku-buku tentang pendidikan dan pengajaran. Sumber belajar memiliki arti yang cukup luas dan tidak terbatas pada buku teks atau guru. Kualitas pembelajaran dan pembangunan masyarakat sangat dipengaruhi oleh keadaan sumber belajar. Tidak dapat dipungkiri, jika kondisi dan ketersediaan sumber belajar tercukupi, maka kegiatan pembelajaran bisa berjalan dengan baik. Ini secara tidak langsung menunjukkan betapa pentingnya dan fungsi sumber belajar dalam pembelajaran. Namun kenyataan di lapangan tidak benar, masyarakat masih memiliki pandangan yang sempit tentang arti dan fungsi alat bantu pembelajaran. Begitu pula dengan anak didik kita, generasi penerus bangsa. Dua pihak dapat berpartisipasi dalam pembelajaran, yaitu siswa berperan sebagai pembelajar dan guru sebagai pengajar. Konsep dari teknologi pendidikan juga menekankan pada individu yang belajar melalui penggunaan dan pemanfaatan berbagai sumber belajar.

Pengertian Sumber Belajar

Pada2dasarnya alam2semesta menawarkan berbagai sumber belajar yang beragam dan dapat diakses oleh umat manusia. Sumber belajar berasal dari kata yaitu sumber dan pembelajaran. Kata pertama adalah sumber. Menurut KBBI, sumber berarti tempat asal atau tempat asal. Abdul Majid (2013: 170) mengatakan bahwa sumber belajar adalah beberapa jenis informasi yang dikumpulkan ke dalam suatu media yang2dapat digunakan oleh2siswa untuk dijadikan sebagai2alat bantu2belajar dalam melaksanakan proses perubahan perilaku. Sumber belajar pada dasarnya adalah segala2sesuatu yang2dapat digunakan guru dan peserta didik untuk membantu mereka menggapai suatu2tujuan serta meningkatkan2kualitas pembelajarannya. Menurut Fatah Syukur (2008: 93) sumber belajar yang digunakan untuk belajar pada hakikat nya adalah suatu sistem yang terdiri dari seperangkat bahan belajar untuk belajar mandiri yang secara sadar ditata atau dilaksanakan oleh siswa. Menurut  Sudjana dan Rivai (2007: 76) sumber belajar adalah semua sumber daya21yang diperoleh secara langsung atau tidak langsung dapat bermanfaat bagi proses pembelajaran.

Menurut beberapa ahli, pengertian sumber belajar meliputi:

  1. Menurut Ahmad Sudrajat (2008: 128) Sumber belajar merupakan segala sumber yang meliputi berbagai informasi, kemudian dipergunakan oleh peserta didik baik secara individu ataupun kelompok dalam belajar untuk memperlancar capaian tujuan dari pembelajaran atau memenuhi kompetensi tertentu.
  2. Menurut Oemar Hamalik (2003: 28) sumber belajar adalah fasilitas untuk kegiatan pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa (baik secara individu ataupun bersama-sama siswa lain).
  3. Menurut Syaiful Sagala (2013: 13) Sumber belajar mempunyai arti sebagai suatu sistem yang terdiri dari sekumpulan bahan atau situasi yang sengaja dibentuk dan diciptakan untuk memfasilitasi pembelejaran individu.
  4. Menurut Abdul Hafid (2011: 01) Sumber belajar dapat juga berarti apa saja, baik yang sengaja didesain ataupun yang telah tersedia, selanjutnya dapat dipergunakan baik secara individu ataupun berkelompok sebagai bantuan belajar atau membantu siswa.
  5. Menurut Wina Sanjaya (2017: 113) Sumber belajar mempunyai arti sebagai segala sesuatu21yang dapat digunakan siswa sebagai bahan pembelajaran maupun pengalaman belajar yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, sumber belajar merupakan setiap alat, orang atau bentuk lain yang2dapat digunakan peserta didik untuk belajar, secara langsung ataupun tidak langsung, baik secara berkelompok maupun mandiri.

Macam-macam sumber belajar

Selain sumber belajar yang telah dipaparkan, ada banyak jenis sumber belajar yang bisa Anda gunakan dalam kegiatan pembelajaran Anda. Sudjana dan Rivai (2007: 79-80) mengatakan sumber belajar dapat dibagi menjadi enam macam:

  1. Pesan, adalah informasi21yang diterima dari berbagai sumber yang diperoleh berupa gagasan, informasi dan fakta, seperti buku atau informasi di media elektronik.
  2. Manusia,21yaitu mereka yang menyimpan, mengolah dan mendistribusikan informasi, seperti1seorang dosen atau guru.
  3. Bahan (materialis), secara umum mengacu pada berbagai hal yang menyimpan pesan yang disajikan dengan alat-alat seperti, buku, film1dan lain-lain.
  4. Peralatan (device), Artinya, apapun yang digunakan untuk mengirimkan pesan,1seperti proyektor1dan komputer.
  5. Teknik, atau dikenal sebagai prosedur1yang disusun dengan menggunakan1alat dan bahan untuk menyampaikan suatu informasi, contohnya seperti ceramah, ceramah, dan lain-lain.
  6. Lingkungan, yaitu2lingkungan tempat pesan1disampaikan, melalui fisik maupun non fisik, contohnya Perpustakaan, ruang kelas dan lingkungan belajar.

Menurut Fatah Syukur (2008: 94-95), taksonomi lain yang1biasa1digunakan dalam sumber belajar meliputi:

  1. Sumber belajar1cetak misalnya adalah:1Buku, surat kabar,2brosur, majalah, poster, kartun, ensiklopedi.
  2. Sumber1belajar non-cetak: film, slide, video, objek.
  3. Sumber1belajar berupa ruangan: Perpustakaan, ruang belajar, studio, dan taman bermain.
  4. Sumber1belajar berbasis aktivitas: Wawancara, kerja kelompok, observasi, simulasi, permainan.
  5. Sumber1belajar berupa lingkungan yang ada di lingkungan masyarakat, misalnya adalah: Taman bermain, terminal bus, pasar, pabrik-pabrik, museum, dll.

Berdasarkan berbagai macam sumber1belajar tersebut, Prastowo (2012 : 37) Mengklasifikasikan sumber belajar ke dalam berbagai jenis, seperti:

  1. Buku adalah kertas2yang dijilid. Buku berperan sebagai2sumber2belajar contohnya adalah: buku2yang memuat informasi yang2mengandung informasi. Buku teks, novel, kartun, dll.
  2. Isi majalah2tersebut mencakup berbagai laporan jurnalistik atau isu-isu sosial terkini. Bergantung pada subjeknya, konten surat kabar adalah majalah2berita, majalah2remaja, olahraga, informasi, dll.
  3. Brosur adalah2informasi yang dicakup secara singkat namun lengkap dalam bentuk cetakan, terdiri dari2beberapa2halaman, kemudian dilipat1tanpa staples.
  4. Poster,2yang biasanya ditempatkan di2tempat umum digunakan dalam bentuk pengumuman dan iklan.
  5. Ensiklopedia, merupakan buku2atau seri buku yang memuat informasi tentang berbagai mata pelajaran di bidang seni dan ilmu pengetahuan, seperti ensiklopedia tentang hewan, ensiklopedi tumbuhan, dan lain-lain.
  6. Model2tiruan yang bentuknya lebih kecil2dari aslinya. Contoh: Model2sepeda motor, model2pesawat.
  7. Permainan, mainan, atau sesuatu2yang biasa Anda mainkan. Misalnya2sepak bola dan bulu2tangkis.

Berbagai bentuk sumber2belajar yang telah tersedia2menjadi bermakna untuk peserta didik dan guru ketika sumber2belajar tersebut didesain atau diorganisasikan sedemikian rupa sehingga2dapat digunakan sebagai sumber2belajar. Apabila tidak,2maka tempat, lingkungan, benda, orang atau buku2tidak ada artinya.

Fungsi Sumber Belajar

Sumber2belajar berfungsi penting2dalam kelancaran kegiatan proses2pembelajaran. Jika lingkungan belajar lebih dari sekedar sarana penyampaian pesan, sumber2belajar2tidak hanya2memiliki tugas, tetapi peran penting sebagai strategi,2metode dan teknik.

Sumber2belajar menurut Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI (2007: 201) meliputi fungsi-fungsi2berikut, antara lain:

  1. Memungkinkan terselenggaranya penyajian kegiatan pembelajaran2yang cakupannya lebih2luas untuk menyajikan2pengetahuan dan informasi2yang dapat melewati2batas geografis.
  2. Meningkatkan produktivitas belajar dengan cara sebagai berikut:
  3. Mempercepat pembelajaran sekaligus membantu guru memanfaatkan waktu mereka dengan lebih2baik
  4. Meringankan beban2guru untuk menyajikan2informasi pengetahuan sehingga dapat memupuk dan mengembangkan kecintaan pada siswa siswa.
  5. Memberikan kesempatan untuk pembelajaran yang lebih personal:
  6. Membongkar kontrol guru yang terkesan kaku dan masih tradisional
  7. Memberikan kesempatan ke siswa untuk berkembang sesuai dengan tingkat kemampuan.
  8. Memberikan dasar pembelajaran yang lebih ilmiah:
  9. Rencanakan program pembelajaran terancang lebih sistematis
  10. Pengembangan bahan ajar yang didesain berbasis penelitian
  11. Tingkatkan pembelajaran dengan cara-cara berikut:
  12. Menumbuhkan tingkat kemampuan2sumber belajar
  13. Menyajikan informasi dan materi yang lebih konkrit
  14. Memungkinkan pembelajaran waktu nyata:
  15. Menjembatani kesenjangan yang terjadi diantara pembelajaran verbal dan abstrak dengan realitas konkrit
  16. Memberikan pembelajaran yang bersifat langsung

Maka dari fungsi sumber belajar dapat kita lihat bahwa dalam upaya meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran dan hasil belajar tidak boleh melupakan satu hal yaitu siswa perlu melakukan interaksi dengan sumber2belajar secara berkelanjutan. Tanpa adanya sumber belajar yang memadai, maka akan sulit untuk melaksanakan proses pembelajaran yang mengarahkan pada hasil belajar optimal.

Manfaat2Sumber2Belajar

Sumber belajar memegang peranan yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Dengan bantuan sumber belajar dan pengalaman belajar maka cara pandang siswa akan bertambah menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan sumber belajar dapat merangsang motivasi belajar siswa melalui interaksi yang terjadi diantara siswa dengan sumber belajar tersebut. Pada hakikat nya sumber belajar juga dapat memberikan manfaat baik bagi guru ataupun siswa, contohnya seperti mempermudah peningkatan dan efisiensi kegiatan pembelajaran. Lebih khusus lagi, Siregar dan Nara (2011: 128)2menjelaskan bahwa keunggulan sumber belajar seperti berikut ini:

  1. Dapat2memberikan pengalaman belajar1yang lebih konkrit secara langsung.
  2. Dapat mewakili sesuatu2yang tidak dapat disentuh, dilihat dan dikunjung secara langsung.
  3. Sebagai penambah ilmu pengetahuan dan memperluas informasi.
  4. Sebagai wadah memberikan segala informasi akurat dan tepat waktu.
  5. Dapat membantu menyelesaikan masalah pendidikan kecil ataupun besar.
  6. Sebagai masukan dan membangun motivasi yang positif.
  7. Dapat menumbuhkan sikap berpikir secara kritis, bersikap2positif dan berkembang.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat dilihat bahwa penggunaan sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran dapat membawa manfaat yang positif, khususnya bagi siswa. Dengan bantuan sumber belajar, diharapkan siswa terpacu untuk berpikir secara kritis berkat pengetahuan yang lebih luas dan menawarkan langsung pengalaman belajar yang lebih konkrit dalam pembelajaran siswa.

Sumber belajar yang tersedia bagi guru dan siswa memiliki banyak kelebihan yang dapat membantu guru atau siswa memahami materi dan memberikan pengalaman bagi siswa. Penggunaan sumber belajar serta pola interaksi yang terjadi diantara siswa dengan sumber belajar didapatkan oleh faktor internal dan eksternal. Jika dilihat secara internal misalnya, kesadaran, semangat dan keterampilan internal tampak semakin bervariasi dalam pembelajaran terapan dan lebih baik lagi dalam menghadapi sumber belajar. Di permukaan, tampaknya semakin tinggi ketersediaan dan variasi bahan ajar yang tersedia, semakin banyak siswa yang menggunakannya.

Dampak manfaat penggunaan sumber belajar adalah seperti berikut:

a. Peserta didik menjadi lebih kreatif.

b. Mengupayakan peningkatan belajar siswa melalui peningkatan penggunaan sumber belajar.

c. Upaya perbaikan pembelajaran dengan memperbaiki lingkungan belajar.

Dengan menggunakan sumber belajar, guru memiliki tanggung jawab untuk membantu siswanya belajar dan membuat pembelajaran lebih mudah dan lingkungan yang kondusif, lebih menarik, lebih fokus dan lebih menyenangkan. Oleh karena itu, guru diminta untuk memiliki keterampilan khusus yang berbeda terkait dengan sumber belajar.

Karakteristik Sumber Belajar

Bekti Maryono, LPMP Widyaiswara Jawa Timur menjelaskan, bahan ajar memiliki lima kualitas ideal bagi guru dan siswa. Hal tersebut ia sampaikan dalam fungsi Penyusunan Bahan Pembelajaran Bimtek Offline Batch 2 yang dilakukan LPMP Jatim secara daring pada Senin (31/08/2020):

  1. Self Instructional

Materi ini dapat digunakan sebagai bahan belajar mandiri, memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri,

  • Self Contained

Sebagai sebuah wadah, ia memiliki isi yang lengkap, kemampuan, tujuan, materi, tugas dan segala macamnya.

  • Stand Alone

Mandiri, mandiri, tidak bergantung pada sumber belajar lain,

  • Adaptif

Adaptable karena dapat beradaptasi dengan perkembangan terutama teknologi, pengetahuan, dll. Buku dan materi sering ditinjau. Yaitu, tentang implementasi fungsi adaptif.

  • User Friendly

Materinya familiar, mudah digunakan dan mudah dipahami. Dengan kata lain ramah dan tidak mempersulit pemiliknya.

Dari uraian2di atas dapat kita simpulkan2bahwa terdapat beberapa aspek yang perlu dicermati dalam memilih sumber belajar agar pada akhirnya efektif dan mencapai tujuan pembelajaran yang efektif.

Tarigan (2014: 267) menyatakan karakteristik bahan ajar, yaitu; (1) mencerminkan sudut pandangan secara perspektif kontemporer tentang mata pelajaran dan cara penyajiannya, (2) menyediakan sumber yang bertahap, teratur dan kontinuitas (3) menyajikan mata pelajaran yang kaya dan harmonis, (4) menyajikan berbagai bentuk model, metode, dan ruang kelas, (5) pertama pengaturan tugas dan latihan, (6) penyajian sumber bahan ujian dan koreksi. Ciri-ciri tersebut didukung oleh pendapat Schorling dan Batchelder dalam publikasi Muslich (2010: 54) bahwa bahan ajar yang baik memiliki empat ciri, meliputi bagian-bagian seperti (1) buku ajar yang baik direkomendasikan oleh guru yang berpengalaman, (2) bahan ajar memenuhi tujuan dari lembaga pendidikan, kebutuhan siswa sekaligus kebutuhan masyarakat,4(3) memuat teks2bacaan yang cukup, bahan latihan dan latihan/tugas, (4) ilustrasi2untuk membantu siswa belajar.

Kesimpulan

Smber belajar merupakan berbagai sesuatu yang dipergunakan atau dapat dipergunakan oleh seseorang untuk memperlancar belajar, baik secara indivisu ataupun berkelompok, sehingga memudahkan tercapainya tujuan belajar yang diinginkan.

Tugas sumber belajar adalah sebagai2berikut:

  1. Menumbuhkan motivasi produktivitas belajar
  2. Memberikan kesempatan untuk pembelajaran yang lebih individual
  3. Untuk memberikan dasar konsep yang sifatnya lebih ilmiah untuk belajar
  4. Meningkatkan pembelajaran
  5. Aktifkan pembelajaran instan
  6. Memungkinkan presentasi pembelajaran yang lebih luas

Keunggulan sumber2belajar adalah dapat mempermudah pelaksanaan proses pembelajaran oleh guru atau orang tua,2baik di dalam kelas maupun di lingkungan sekitar, sehingga memudahkan2siswa2dalam memahami2materi pembelajaran yang ditawarkan.

Penulis:

Mahasiswa Pascasarjana Teknologi Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

  • Muhammad Rifqi Maulana
  • Niken Nurul Larasati
  • Choziahtillah
  • Dr. Lukman Nulhakim, M.Pd.
Spread the love

One thought on “SUMBER BELAJAR DAN KARAKTERISTIKNYA

  1. TOYYIBAH, M.PD
    Bukit Ciracas Permai Jl. Jagarayu Blok C 7 No. 4 RT 01/RW 10 Kota Serang | 081398110206 | 1134yy@gmail.com |

    PENTINGNYA SUMBER BELAJAR
    Penulis : : Toyyibah, M.Pd

    Dalam kegiatan pembelajaran yang utama adalah bagaimana membuat murid menjadi lebih baik belajarnya. Murid menjadi sentral yang harus diperhatikan untuk lebih termotivasi belajarnya semakin baik dan mandiri. Maka pendidik harus pandai memodifikasi sumber belajar yang dapat digunakan untuk pembelajaran.
    Sumber belajar berasal dari kata sumber dan pembelajaran. Kata sumber menurut KBBI yaitu tempat asal. Menurut Abdul Majid (2013: 170) mengatakan bahwa sumber belajar adalah beberapa jenis informasi yang dikumpulkan ke dalam suatu media yang dapat digunakan oleh murid untuk dijadikan sebagai alat bantu belajar dalam melaksanakan proses perubahan perilaku.
    Pada dasarnya sumber belajar dapat diperoleh dari berbagai macam. Menurut pendapat Sudjana dan Rival (2007: 79-80) mengatakan ada 6 (enam) macam sumber : Pesan, manusia, bahan, peralatan, tekhnik dan lingkungan.
    Era belajar sekarang mengarah pada kurikulum merdeka dimana Pendidik diberikan kemudahan dan leluasa untuk mengelola pembelajaran yang menyenangkan untuk murid, maka peran sumber belajarpun sangat menunjang untuk murid dalam kurikulum merdeka. Salahsatunya lingkungan. Lingkungan yaitu tempat pesan disampaikan melalui fisik maupun non fisik contohnya perpustakaan, ruang kelas, lingkungan belajar. Pendidik dapat memanfaatkan membawa murid berkunjung ke museum juga sebagai sumber belajar, menjadikan murid menjadi merdeka belajar dan belajar menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Image 2022-05-09 at 3.21.50 PM